Tampilan Baru Logo Perusahaan Facebook

Tampilan Baru Logo Perusahaan Facebook

Tampilan baru logo Facebook (dok. Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial Facebook memperbarui tampilan logo perusahaannya. Perubahan logo ini, dimaksudkan sebagai penanda perusahaan induk dari aplikasi media sosial lain yang berada di bawah naungan Facebook.

Mengutip dari laman The Verge, branding baru ini, akan menampilkan tulisan 'Facebook' dalam huruf kapital yang lebih simpel. Warna dari logo ini juga akan mengikuti tampilan khas dari aplikasi lain seperti hijau untuk WhatsApp, dan pink yang mewakili Instagram.

"Orang harus tahu perusahaan mana yang membuat produk yang mereka gunakan. Layanan utama kami adalah aplikasi Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal dan Calibra," tulis Chief Marketing Officer Facebook Antonio Lucio, seperti dikutip dari blog resmi Facebook, Rabu (6/11/2019).

Antonio juga memastikan, logo ini tidak akan menggantikan logo "f" ikonik yang menjadi logo jejaring sosial Facebook. "Perubahan logo ini adalah cara lebih baik untuk menyampaikan struktur kepemilikan kami, kepada pengguna dan pelaku bisnis yang menggunakan layanan kami."

Sebelum muncul logo baru ini, Facebook terlebih dahulu mengeluarkan kebijakan menambahkan label tulisan "from Facebook" di setiap produk miliknya. Hal tersebut bisa ditemukan di aplikasi WhatsApp, Instagram, Messenger, dan lainnya.

Tampilan logo Facebook di Instagram (dok. Facebook)

Pada saat yang sama, logo baru ini juga punya efek untuk menjaga perusahaan Facebook dari layanan kontroversial lainnya yang kerap terseret skandal privasi. Antonio mengatakan, keputusan untuk melakukan rebranding merek Facebook karena tidak ingin bersembunyi dari masalah. 

tampilan Facebook di WhatsApp (dok. Facebook)

"(Logo baru) ini akan mulai digunakan. Dalam beberapa pekan ke depan, akan mulai menggunakannya di dalam produk dan materi marketing kami, termasuk situs perusahaan," tutupnya.