Rekaman Jejak Justin Bieber
Justin Bieber (Instagram/@justinbieber)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang ibu begitu kagum dengan bakat anak laki-laki satu-satunya. Sang anak yang mahir bermusik, mengikuti kompetisi menyanyi lokal. Sayang saat tampil di kompetisi tersebut, banyak saudara-saudaranya yang tidak dapat hadir.

Akhirnya, sang ibu merekamnya saat sang anak tampil dan mengunggah videonya di YouTube agar saudara-saudara yang tidak dapat hadir dapat menontonnya. Namun tak disangka, video tersebut tak hanya ditonton oleh saudara-saudara, namun juga ditonton oleh seorang penyanyi dan produser musik yang tertarik dengan suara sang anak laki-laki tersebut.

Cerita di atas merupakan awal perjalanan penyanyi asal Kanada, Justin Bieber saat terjun di dunia tarik suara. Lahir pada 1 Maret 1994, Justin Bieber dibesarkan oleh ibunya seorang. Justin Bieber kerap menyanyikan lagu-lagu populer bergenre R&B dan kadang-kadang hanya sekadar bermain gitar akustik.

Suaranya yang unik segera menarik perhatian audiens YouTube. Di antara mereka yang melihat video Bieber juga ada Scott Braun, seorang promotor musik dan agen bakat yang saat itu mengundang Justin Bieber yang masih berusia 13 tahun untuk merekam demo di sebuah studio di Atlanta.

Sementara, di sana, Justin Bieber juga kebetulan bertemu penyanyi R&B Usher dan mengatur audisi informal dengannya. Usher membantu Justin Bieber mendapatkan kontrak rekaman pada akhir 2008. Lagu debut Justin Bieber, One Time, rilis pada 18 Mei 2009.

Enam bulan kemudian, ia merilis EP "My World" yang terdiri dari tujuh lagu yang sebagian besar terdiri dari lagu-lagu bernuansa pop yang dipengaruhi R&B. Dengan cepat, Justin Bieber menggapai popularitasnya. Para gadis praremaja tidak terhitung jumlahnya memuja Justin Bieber gila-gilaan.

EP tersebut terjual lebih dari satu juta kopi. Melihat antusiasme yang tinggi, pada 2010 Justin Bieber merilis album full-length bertajuk "My World 2.0" yang menjadi nomor satu di tangga album Billboard. Single utamanya, Baby mencapai lima teratas tangga lagu Billboard dan beberapa lagu lainnya masuk dalam Top 40 Billboard.

Video musik 'Baby' juga menjadi yang pertama mengumpulkan lebih dari 500 juta kali ditonton di YouTube. 

Justin Bieber lagi-lagi membuktikan bahwa bakat yang ia miliki nyata. Bukan sekadar bantuan penyanyi dan produser hebat. Pada akhir 2010, Justin Bieber kembali mengeluarkan album bertajuk "My Worlds Acoustic" berisikan sembilan lagu akustik dari album "My World".

Pada Februari 2011, film dokumenter 3D tentang awal perjalanan kariernya, Never Say Never rilis. Pada tahun yang sama, Justi Bieber juga merilis album Natal, "Mistletoe" menjadi tunggal pertamanya, yang memasuki tangga lagu Holiday Song di nomor dua.

Justin Bieber tidak pernah berhenti berproduktivitas. Pada 2012, Justin Bieber kembali menelurkan album bertajuk "Believe". Dengan suaranya yang lebih dewasa dan mulai 'bermain' di area dance-pop, Justin Bieber juga menggagandeng Darkchild, Diplo, dan Max Martin saat proses produksi album.

"Believe" menjadi album nomor satu di Kanada dan AS, hits andalannya seperti Boyfriend, As Long As You Love Me, dan Beauty and a Beat mewarnai chart tangga lagu berkali-kali. Album versi akustik, "Believe Acoustic", lalu dirilis pada 2013. 

Tumbuh penuh skandal

Kepopuleran Justin Bieber membuat semua orang tak hanya tertarik dengan musik yang ia buat, namun juga kehidupan pribadinya. Hubungannya dengan penyanyi wanita, Selena Gomez, selalu menarik perhatian publik. 

Dilansir dari CNN, pada 2014 ketika usianya 19 tahun, Justin Bieber ditahan akibat mengemudi dalam keadaan mabuk dan tidak memiliki SIM. Namun Justin Bieber menolak untuk ditahan oleh Kepolisian Miami dengan berkata-kata kasar.

Setelah ditangkap. Justin Bieber juga membuat beberapa pernyataan kepada kepolisian bahwa telah mengonsumsi alkohol, mengisap ganja, dan mengonsumsi beberapa obat yang memiliki resep. Justin Bieber dibebaskan dari penjara Miami satu jam setelah dia membuat penampilan singkat melalui tautan video di hadapan hakim Miami, yang menetapkan obligasi "standar" USD2.500.

Ia keluar dari penjara dengan pakaian hitam, dengan hoodie longgar menutupi kepalanya. Celananya tampak seperti kulit longgar. Bieber duduk sebentar di atas Cadillac Escalade hitam, di mana dia melambaikan tangan kepada para penggemar, sebelum pergi.

Selain itu, Justin Bieber juga didakwa telah melakukan kekerasan terhadap seorang pengendara mobil saat berada di Toronto, Kanada. Justin menyerang pengemudi limosin tersebut secara fisik dan kasus tersebut memiliki tiga saksi. Untuk kasus tersebut Justin Bieber tidak ditahan kepolisian namun diharuskan membayar denda.

Pada 2015, Justin Bieber kembali berurusan dengan kepolisian karena tindak penyerangan dan mengemudi dengan ceroboh. Tuduhan berawal dari sebuah insiden di mana Justin Bieber ditangkap setelah ATV-nya bertabrakan dengan sebuah minivan.

Pada saat itu, ia dibebaskan dengan dengsn berjanji akan menghadiri persidangan dan diperintahkan untuk menjawab tuduhan pada sidang di Stratford, Ontario, Kanada. Ia didenda 750 dolar Kanada atas tindak mengemudi yang ceroboh. Untuk tuduhan penyerangan, ia dinyatakan tidak bersalah. 

Masih banyak rentetan skandal yang Bieber lakukan seperti melempar telur ke rumah tetangga, meludah sembarangan, dan mengeluarkan lelucon rasis. Namun Justin Bieber tidak lupa bahwa ia seorang musisi. Pada 2015, Justin Bieber menelurkan album "Purpose".

Pada album yang satu ini, Justin Bieber berhasil meraih peminat di luar basis penggemar mudanya, dengan masing-masing dari tiga tunggal pertamanya mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard Hot 100. Juga di 2015, Bieber menyumbangkan vokal untuk hit elektro-pop pemenang Grammy Award Where Are Ü Now.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kenakalan-kenakalan yang Justin Bieber lakukan merupakan transisi dari masa remajanya ke usia dewasa. Hubungan yang berkali-kali putus dan kembali juga sempat membuat orang hanya fokus kepada kisah cintanya, bukan musiknya. 

Pernikahan jadi titik balik

Pada 2018 awal, untuk ke sekian kalinya, kabar hubungan Bieber dengan Selena Gomez selama bertahun-tahun kembali kandas. Namun, beberapa bulan kemudian, Justin Bieber kembali muncul dengan berita bahwa ia telah bertunangan dengan seorang model, Hailey Baldwin.

Banyak orang menuduh Bieber berselingkuh sebelum akhirnya mengakhiri hubungannya dengan Selena Gomez. Pada September 2018, Justin Bieber dan Hailey Baldwin menikah secara diam-diam di kantor urusan pernikahan di New York, AS. 

Justin Bieber mengaku bahwa pernikahan tersebut merupakan titik balik bagi dirinya setelah mengalami serentatan skandal. Selain itu, memulai kariernya di usia yang sangat muda bukanlah hal yang mudah. Di usianya yang masih remaja yang seharusnya ia isi dengan berkumpul dengan teman, justru ia isi dengan tur dunia dan pembuatan album. 

"Pernahkah Anda memerhatikan statistik artis cilik dan kehidupannya. Ada tekanan dan tanggung jawab gila pada anak yang otaknya, emosi, dan lobus pengambilan keputusannya belum dikembangkan," kata Justin Bieber lewat unggahan di Instagram. 

"Pada usia 20, aku membuat setiap keputusan buruk dan beralih dari salah satu orang yang paling dicintai dan dipuja di dunia ke orang yang paling ditertawakan, dihakimi, dan dibenci di dunia. Sekarang aku sedang menavigasi musim terbaik hidupku, yaitu pernikahan. Tanggung jawab yang luar biasa, gila, baru. Kamu belajar kesabaran, kepercayaan, komitmen, kebaikan, kerendahan hati, dan semua hal yang tampaknya menjadi orang baik," tambah Justin Bieber. 

Hal tersebut sepertinya benar adanya dengan Justin Bieber berhenti melakukan skandal dan kembali membuat album. Pada Februari 2020, Justin Bieber merilis album "Changes". Seperti nostalgia, ia kembali berhasil merebut posisi teratas tangga lagu Billboard. Setelah istirahat dari tur dunianya selama 4 tahun, Justin Bieber kini kembali menjadi bintang yang percaya diri.

"Changes" meraih 231.000 penjualan di AS, menurut Nielsen Music, yang mencakup 135 juta kali streaming dan 126.000 kopi album terjual.  

Dikutip dari Forbes, lagu-lagu dari Justin Bieber juga mewarnai 40 tangga lagu Billboard. Tunggal sebelumnya, Yummy tidak masuk ke 10 besar, berhenti di urutan 11. Sedangkan kolaborasinya, bersama Dan + Shay lewat judul 10.000 Hours menempati urutan ke-13. Forever yang berkolaborasi dengan Post Malone dan Clever, berada di urutan 23. Sementara duetnya bersama Ed Sheeran I Don't Care bertahan di urutan 39.