Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui
Ilustrasi (Pixabay/HeikoAL)

Bagikan:

JAKARTA - Grup WhatsApp kerap berfungsi sebagai media untuk terhubung dengan keluarga maupun teman dalam satu wadah. Lebih dari 2 miliar masyarakat telah menggunakan aplikasi layanan pesan instan milik Mark Zuckerberg.

Namun, pernahkah kamu diundang orang lain masuk ke dalam grup WhatsApp yang tak kamu kenal penghuninya? Untuk urusan menyeleksi grup siapa saja yang boleh diundang, sebenarnya WhatsApp sudah menyediakan fiturnya. Caranya dengan mengklik menu Account kemudian pilih Privacy.

Selanjutnya, pilih Groups dan akan muncul tiga menu pilihan untuk membatasi siapa saja yang bisa mengundang kita ke grup, seperti Everyone, My Contacs dan My Contacts Except.

Itu cara untuk mencegah masuk grup. Tapi, kalau untuk keluar dari grup yang bikin risih tanpa menyakiti perasaan orang yang mengundang kita, bagaimana? Kami berikan tips and trik cara leave grup WhatsApp.

Ilustrasi (Thorsten Frenzel/Pixabay)

1. Hapus data

Cara berikut sebenarnya sudah sering dilakukan oleh beberapa orang untuk membersihkan aplikasi dari data-data yang tidak terpakai. Nah, pembersihan data pada aplikasi WhatsApp ini bisa menjadi alternatif cara yang bisa digunakan untuk keluar dari grup yang mengganggu.

Langkah pertama, kamu bisa langsung pilih Pengaturan. Lalu, menuju Kelola Aplikasi, kemudian cari aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, klik hapus data dari aplikasi WhatsApp kamu. Setelah itu, log in kembali pada aplikasi tersebut yang sudah benar-benar bersih dari data apapun.

Perlu diingat, cara ini juga mengharuskan kamu log in menggunakan kartu sim baru. Jika masih log in menggunakan data yang lama, maka WhatsApp akan secara otomatis memasukkan kamu kembali ke dalam grup tersebut.

2. Ganti nomor telepon

Trik yang satu ini merupakan suatu keberuntungan jika kamu tidak memiliki kepentingan dalam penggunaan nomor yang terdaftar di aplikasi WhatsApp. Kamu bisa tinggal mengganti kartu sim yang lama dengan yang baru.

Kemudian, mendaftar kembali ke dalam aplikasi pesan instan tersebut menggunakan nomor baru milik kamu. Cara ini tentu saja sangat terbukti efektif membantu kamu terhindar dari grup-grup WhatsApp yang mengganggu.

3. Nomor cadangan

Cara ini hampir mirip dengan metode ganti nomor. Namun, kali ini nampaknya akan menyelamatkan kamu dari hilangnya kontak penting di ponsel juga. Kamu bisa mengganti daftar akun WhatsApp milikmu dengan nomor baru yang belum pernah didaftarkan di WhatsApp.

Langkahnya, masuk ke dalam menu pengaturan WhatsApp, kemudian pilih menu Account lalu klik Change Number. Nantinya kamu akan diarahkan untuk mendaftarkan nomor baru tersebut dan secara otomatis akan keluar dari grup WhatsApp.

Namun, jika kamu merasa membutuhkan sesuatu dalam grup tersebut, kamu bisa mengulangi hal Change Number dengan mendaftarkan nomor lama yang ingin digunakan.

Perlu diketahui, dengan cara ini juga kamu akan otomatis keluar dari grup yang masih ingin kamu singgahi seperti grup keluarga maupun kantor. Jadi setelah kamu lakukan hal ini, mintalah kepada salah satu anggota untuk mengundang kembali ke dalam grup yang diinginkan.

Semua tips and trik di atas bisa segera kamu lakukan bila sudah merasa risih dengan grup yang ada di aplikasi WhatsApp kamu. Tetapi semua cara itu pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya, tinggal bagaimana kamu memilihnya.