Kejutan di Ranah Pop Nominasi Grammy Awards 2020
Grammy Awards

Bagikan:

LOS ANGELES - The Grammy Academy secara resmi mengumumkan nominasi Grammy Awards 2020, Rabu, 20 November waktu Amerika di akun media sosial serta situs Grammy Awards. Banyak nama baru bermunculan tetapi tidak sedikit musisi yang pernah masuk nominasi kini kembali berkompetisi.

Band indie asal Wisconsin, Bon Iver, patut merayakan pengumuman ini. Mereka kembali masuk nominasi setelah pada 2016 ambil bagian melalui album 22, A Million. Kini, lewat I,I, Bon Iver mendapatkan nominasi di kategori Record of the Year, Best Alternative Music Album serta Album of the Year. Pitchfork pernah menulis, album I,I menghasilkan kejujuran serta keterusterangan sosok Justin Vernon sebagai vokalis.

Billie Eilish dan Ariana Grande mungkin menjadi dua di antara banyak nama yang sudah diprediksi untuk masuk ke dalam nominasi Grammy tahun depan. Mereka konsisten merilis lagu dari album sepanjang tahun. Ariana dengan album Thank U, Next sedangkan Billie dengan When We All Fall Asleep, Where Do We Go? sehingga kehadiran keduanya dalam nominasi Grammy bukan sebuah kejutan.

Yang mengejutkan justru Lil Nas X. Sempat dijuluki one hit wonder, Lil Nas X membuktikan album 7 yang dirilis pada Juni lalu membuatnya pantas masuk nominasi Grammy. Lagu Old Town Road yang menjadi populer dan dirilis dalam berbagai versi (untuk menjaga lagu tersebut tetap di tangga musik) juga masuk ke dalam album 7 yang sebenarnya cuma album mini (EP).

Norman F****** Rockwell, album karya Lana Del Rey masuk menjadi Album of the Year. Meskipun belum pernah memenangkan Grammy, album ini pantas diperhitungkan sebagai pemenang. Sebab, Del Rey tidak pernah bermain-main menyoal album yang solid. Album yang diproduseri oleh Jack Antonoff ini merupakan penghormatan sang penyanyi kepada ranah rock klasik.

Sementara itu, penyanyi dan rapper Lizzo sudah dipastikan masuk nominasi Grammy Awards 2020. Truth Hurts adalah karya yang dipilih The Grammy Academy dari sekian single yang melambungkan nama artis kelahiran 1988. Kendati kakak beradik penulis lirik Justin dan Jeremiah Raisen mengklaim terlibat dalam proses awal penulisan Truth Hurts, Lizzo menepisnya melalui kicauan Twitter.

“Tidak ada siapa pun di dalam ruangan ketika saya menulis Truth Hurts, kecuali saya, Ricky Reed, dan tangisan saya,” tulis Lizzo. Sampai saat ini, kasus tersebut belum menemukan titik terang.

Tanya Tucker menjadi nama yang juga mendominasi Grammy Awards 2020. Menjadi yang tertua di antara nominee Song of the Year, kemunculan Tanya dalam nominasi sudah menjadi langganannya sejak 1972. Dikutip dari APNews, Tanya masih merasa terkejut mendapati namanya masuk ke dalam nominasi.

"Saya sangat bersyukur saya bisa mewakili musik yang membawa saya kepada dance, country di mana saya dilahirkan. Tetapi ini adalah garis mulai bagi saya untuk melakukan berbagai jenis musik dan itulah yang ingin saya lakukan," kata dia.

Jangan remehkan kekuatan soundtrack film, karena faktanya pendukung Grammy gemar memasukan lagu-lagu untuk film. Dalam empat nominasi utamanya, ada lagu Sunflower nyanyian Post Malone dan Swae Lee. Lagu untuk film animasi Spiderman: Into the Spider-Verse ini menjadi satu-satunya nominasi untuk mereka.

Selain itu, ada Always Remember Us This Way yang dinyanyikan Lady Gaga untuk film A Star is Born. Meskipun film itu sudah dirilis sejak 2018, tampaknya Grammy masih menyayangi karya tersebut dengan memasukannya ke dalam kompetisi ini.

Pemenang Grammy Awards akan diumumkan pada 26 Januari 2020 bertempat di Staples Center, Los Angeles. Sejauh ini belum ada nominee yang dikonfirmasi akan mengisi panggung Grammy Awards. Sudah tahu akan menjagokan siapa saja?