<i>Frozen 2</i>, Sekuel yang Tidak Direncanakan
Poster Frozen 2 (Walt Disney Animation Studios)

Bagikan:

JAKARTA - Sekuel film Frozen sudah tayang di bioskop Indonesia. Di balik produksinya yang megah, film produksi Walt Disney Productions ini memiliki sejumlah fakta menarik. Frozen 2 masih diperankan oleh Idina Menzel dan Kristen Bell sebagai kakak beradik Anna dan Elsa. Walaupun film ini memiliki target pasar anak-anak, tetapi Frozen pertama mendapatkan tempat di hati semua kalangan. Tentunya ini menjadikan Frozen 2 bergantung dari film pertamanya.

Tim produksi menjadi lebih berhati-hati dalam membuat sekuelnya agar memastikan penikmat Frozen puas. Enam tahun setelah film pertamanya, Frozen 2 dibuat atas keinginan sutradara Chris Buck dan Jennifer Lee. Ya, di Walt Disney Animation Studios tidak ada yang namanya membuat sekuel jika si pembuat film tidak mempunyai ide dan keinginan untuk mewujudkannya. Jadi, Frozen 2 adalah film sekuel keempat dan sekuel animasi pertama pada rumah produksi tersebut.

Frozen 2 juga berangkat dari pertanyaan-pertanyaan masyarakat tentang apa yang terjadi pada film pertamanya. Salah satunya, dari mana Elsa mendapat kekuatan es? Pertanyaan itu mengarah kepada akhir cerita Frozen di mana Anna dan Elsa bertemu kembali. Pertanyaan seperti ini kemudian dijawab oleh si pembuat film melalui sekuelnya.

Cerita hubungan Anna dan Elsa sempat dibuat dalam versi serial televisinya yaitu Once Upon a Time yang tayang di kanal ABC. Namun, baik Buck maupun Lee melihat serial tersebut hanyalah sisi lain dan tidak memiliki kaitan dengan cerita Frozen 1 dan 2 yang sudah menjadi cerita komplet.

Proses pembuatan Frozen 2 dimulai saat dua sutradara ini melakukan riset ke Finlandia dan Islandia pada 2016. Saat itu mereka terkesima dengan keindahan negara tersebut. Keadaan kontras di kedua negara tersebut kemudian menjadi latar belakang Frozen 2 di mana Anna tinggal di Finlandia sedangkan Elsa berada di Islandia yang gelap.

Pemilihan Weezer dan Panic! At the Disco (P!ATD) dalam barisan soundtrack menambah image baru dalam film Frozen 2. Jika pada film pertama diisi oleh penyanyi Demi Lovato, kini kesan pop itu jauh sebab Weezer dan P!ATD tetap mempertahankan akar musik rock mereka. Untuk versi Asia-nya, album soundtrack ini juga diisi oleh Wichayanee Pearklin asal Thailand dan Taeyeon dari Korea.

Dalam film ini dikisahkan, Elsa (Idina Menzel) mendengar sisi suara dari utara memanggil namanya. Karena rasa penasaran, Elsa mencari asal suara dan pergi dari rumah mereka di Arendelle bersama dengan Anna (Kristen Bell) serta Kristoff, Olaf, dan Sven. Perjalanan ini juga mencari asal muasal kekuatan Elsa dan mencoba menjaga kerajaan.

Frozen 2 sudah bisa disaksikan di bioskop-bioskop Indonesia sejak Rabu, 20 November.