Ketahui WhatsApp Kamu Diblokir dengan 5 Ciri Ini

Ketahui WhatsApp Kamu Diblokir dengan 5 Ciri Ini

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mungkin tak sedikit yang menyadari bahwa seseorang telah memblokir WhatsApp Anda. Aplikasi layanan pesan instan ini memang menghadirkan banyak fitur yang mampu mempermudah penggunanya termasuk fitur blokir, tujuannya untuk menghalau kontak yang dianggap mengganggu.

Namun, apa jadinya jika WhatsApp Anda telah diblokir oleh seseorang? Otomatis Anda tidak bisa lagi mengirimkan pesan dan melakukan panggilan telepon.

Untuk itu, berikut VOI informasikan 5 ciri mengetahui bahwa kontak WhatsApp Anda telah diblokir oleh lawan bicara yang dilansir dari Gadgets Now, Minggu 23 Februari.

1. Informasi Terakhir Online

Cara pertama ini tentunya sangat mudah mengetahui apakah Anda diblokir atau tidak. Meski tidak selalu benar, tetapi hal ini menjadi salah satu indikator informasi yang cukup akurat kalau biasanya mereka menggunakan informasi terakhir online atau last seen. Tetapi ada kemungkinan, mereka seketika mengubah peraturan ini di fitur WhatsApp.

2. Lihat Tampilan Foto Profil

Jika Anda diblokir, gambar profil pengguna tidak akan diperbarui lagi. Artinya, Anda tidak akan melihat gambar profil baru setiap kali mereka mengunggahnya. Lain jika tidak diblokir, maka Anda akan selalu melihat foto yang mereka gunakan ketika mengobrol dengan Anda.

Meski terkadang mereka tidak menggunakan gambar profil dan yang terlihat hanya avatar bawaan dari WhatsApp saja. Kemungkinan gambar profil orang tersebut tidak berubah karena tidak selalu memperbaruinya.

3. Centang Satu

Seperti biasanya, jika pesan berhasil dikirim ke penerima, maka akan menunjukkan tanda centang dua atau centang biru di ruang obrolan WhatsApp. Namun, jika hanya menunjukkan centang satu dalam waktu yang cukup lama, maka dipastikan Anda telah diblokir.

Sebab, pesan apapun yang dikirim ke kontak yang telah diblokir akan selalu menunjukkan satu tanda centang, dan tidak pernah menunjukkan tanda centang kedua meski lawan obrolan telah membuka blokir Anda.

4. Lakukan Panggilan Telepon

Upaya ini diklaim cukup berhasil. Pasalnya jika Anda melakukan panggilan melalui WhatsApp ke kontak yang sudah memblokir Anda, maka panggilan tidak akan berdering, melainkan langsung terputus begitu saja.

Tetapi mesti dipastikan lagi untuk menelponnya berulang kali, bisa saja mereka yang diduga memblokir Anda aplikasi WhatsAppnya sedang tidak terhubung ke jaringan internet.

5. Buat Grup WhatsApp dengan Kontak

Meski semua usaha di atas bisa gagal karena kesalahan jaringan, upaya terakhir ini dapat menjawab semua keraguan Anda. Cobalah untuk membuat grup WhatsApp dengan kontak yang dirasa telah memblokir Anda.

Jika telah mengundangnya namun disambut oleh pesan yang mengatakan "Anda tidak berwenang untuk menambahkan kontak ini," maka dipastikan Anda telah diblokir oleh kontak tersebut.

Setelah mencoba berbagai cara di atas, dan masih memiliki pertanyaan mengapa Anda diblokir, tentu saja ada cara lain, Anda bisa menelponnya lewat telepon biasa (dengan nomor) atau mengirimkan pesan kepada mereka yang memblokir Anda. Karena tak jarang orang yang hanya melakukan pemblokiran lewat aplikasi WhatsApp saja, namun tidak dengan nomor ponselnya.