Kritikan Trump Kepada Film <i>Parasite</i> karena Menang Oscar
Presiden Donald Trump (Twitter @donaldtrump)

Bagikan:

JAKARTA - Kemenangan Parasite di acara Oscars 2020 menjadi kebanggaan bagi Korea Selatan. Namun film yang memenangkan empat penghargaan bergengsi itu dikritik oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

“Seberapa buruk Academy Awards tahun ini? Pemenangnya dari Korea Selatan. Apa-apaan itu?” ungkap Trump saat berkampanye di Colorado Springs, seperti dikutip dari New York Post.

Bukan hanya mengkritik, Trump juga menyindir Oscar karena memenangkan film berbahasa asing dari Korea Selatan itu. Sindiran ini Trump lontarkan karena melihat hubungan kedua negara tersebut tidak cukup baik, terlebih dalam sektor perdagangan. 

“Apakah itu baik? Saya tidak tahu. Berikan kepada Gone with the Wind. Bisakah kita kembalikan film Sunset Boulevard? Begitu banyak film-film bagus lainnya,” kata Trump saat mengingat film Gone With the Wind yang dirilis pada tahun 1939.

Sejatinya, Trump memang cukup sering tampil di dunia perfilman. Selain mempunyai acara reality show berjudul The Apprentice, Trump juga kerap tampil sebagai cameo di film Home Alone 2: Lost in New York dan Sex and the City.

Bong Joon Ho selaku sutradara film Parasite, belum merespon kritikan yang disampaikan Presiden Amerika itu. Namun film yang mengisahkan keluarga si Miskin dan orang kaya ini memang sudah didistribusikan secara internasional, termasuk Amerika Serikat.

“Ketika Anda mengatasi hambatan subtitle setinggi satu inci, Anda akan dikenalkan dengan begitu banyak film yang luar biasa," ungkap Bong ketika menjawab kritikan akan subtitle berbahasa asing di filmnya. 

Di sisi lain, film Parasite bakal diadaptasi dalam bentuk serial televisi yang akan ditayangkan di HBO. Bersama Sutradara Bong, serial ini akan menampilkan beberapa adegan baru yang tidak sempat dimunculkan dalam versi layar lebarnya. Kabarnya, Tilda Swinton akan menjadi pemeran utama di serial ini.