Jakarta Waspada Kiriman Air dari Katulampa Malam Ini
Kondisi pintu air Manggarai saat banjir beberapa waktu lalu (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hujan mengguyur sebagian besar wilayah Jabodetabek sejak Rabu, 19 Februari malam hingga Kamis pagi. Kini, hujan sudah berhenti. Namun, masih ada kewaspadaan air kiriman yang datang ke Jakarta. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pada pukul 05.00 WIB, ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, mencapai 150 cm. Artinya, Katulampa sempat memasuki siaga III. 

"Jadi, diperkirakan air itu akan sampai di Jakarta sekitar pukul 2 sampai pukul 4 sore ini. Kita sudah mengabarkan kepada semua masyarakat di bantaran sungai untuk waspada," ucap Anies saat ditemui di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis, 20 Februari. 

Untungnya, kata Anies, kondisi permukaan air laut sedang surut. Sehingga, tadi pagi hanya 8 jalan yang tergenang. Tak seperti hujan pada 24 Januari lalu dengan 17 jalan yang tergenang karena air laut sedang pasang. 

Ketika air laut pasang, petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI tak bisa menguras genangan yang berada di jalan menuju ke sungai maupun bendungan yang menuju ke laut karena air akan kembali lagi ke tempat semula. 

Namun, saat ini air kiriman dari Bendungan Katulampa yang mengalir ke Sungai Ciliwung sore ini bisa langsung "dikosongkan" menuju laut. 

Saat ini, Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, sudah memasuki status siaga IV dengan ketinggian air 695 cm. Artinya, kondisi Pintu Air Manggarai sudah memasuki kondisi normal. 

"Pintu Air Manggarai sudah normal dan nanti bisa dikosongkan, sehingga kita siap untuk mengantisipasi air yang datang dari kawasan hulu," ungkap Anies. 

Sebagai informasi, hujan deras yang menggusur Jakarta sejak tadi malam mengakibatkan sejumlah kawasan tergenang. Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) M Insaf menyebut ada tiga RW tergenang pada pukul 09.00 WIB.

"Ada tiga RW di yang tergenang. Satu di Kelurahan Kamal dan dua RW di Kelurahan Rawa Terate," ungkap Insaf saat dikonfirmasi. 

Di Kelurahan Kamal, Kalideres, Jakarta Barat ada satu RW yang tergenang yakni di 001 dengan ketinggian 5 hingga 15 cm. Sedangkan di Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, wilayah terdampak adalah RT 016, RW 004 dengan ketinggian 10 hingga 30 cm. Kemudian, di RT 010 RW 005 ketinggian air yaitu 10 hingga 50 cm.