Google Siap Rilis Android 11, Apa Saja Fitur Menariknya?
Ilustrasi (Tangkapan layar The Verge)

Bagikan:

JAKARTA - Segala sesuatu tentang apa yang dikerjakan Google selalu menarik perhatian. Seperti kabar baru yang mengatakan mereka sedang mempersiapkan untuk merilis sistem operasi baru pada ponsel yakni Android 11.

Melansir The Verge, Kamis, 20 Februari, ini merupakan langkah awal Google dalam membuat fitur terbaik sepanjang masa yang disematkan di OS Android 11. Meski masih dalam versi Beta, Google bekerja keras untuk peningkatan dukungan jaringan 5G, fitur privasi yang lebih baik, dan antarmuka pesan baru.

Namun sayangnya, fitur Android 11 Beta ini baru akan muncul untuk ponsel Google Pixel 2, 3, 3A, atau 4, dan hanya dapat diinstal dengan baterai penuh yang akan menghapus semua data di ponsel.

Untuk ponsel Android lainnya, mungkin harus bersabar dulu untuk menikmati pembaruan OS terbaru ini, lalu apa saja fitur menarik di Android 11? Berikut VOI rangkum.

1. Bubbles

Fitur Bubbles pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi bagian dari Android 10 tahun lalu. Ini adalah UI baru untuk aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna membuat beberapa percakapan mudah diakses di mana saja melalui. Saat ini, tampaknya hanya aplikasi pesan Google yang memiliki dukungan tersebut. Ide ini seperti ini seharusnya diikuti oleh aplikasi olah pesan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Signal.

2. Izin aplikasi

Mengambil ide dari Apple iOS, Android 11 menambahkan opsi untuk memberikan izin sementara aplikasi ke kamera, mikrofon, dan data lokasi Anda. Ini tambahan sederhana, tetapi yang membuat Android jauh lebih aman. Dan tidak membuat perizinan tersebut bertahan dengan lama seperti saat ini, jadi memiliki rentang waktu.

3. Rekaman layar

Google sudah memiliki versi ini dalam beta Android 10 yang tidak mencapai versi final. Tetapi perekaman layar sudah kembali dan memiliki UI yang mewah saat ini, artinya bahwa fitur tersebut pada akhirnya akan dikirimkan di Android 11.

4. Mode gelap otomatis

Bukan lagi seperti sekarang yang mau mengaktifkan mode gelap harus melalui setting. Tetapi jika pengguna sudah meng-update ke OS Android 11, mereka akan mendapatkan mode gelap usai meng-updatenya.

5. Gerakan Motion Sense baru untuk Pixel 4 yang berfungsi memutar atau menjeda musik

6. Pengaturan "peningkatan sensitivitas sentuhan" untuk Pixel 4, dimaksudkan untuk digunakan dengan screen saver

7. Menyalakan mode pesawat tidak lagi memutus koneksi audio Bluetooth.

8. XDA Developers melaporkan bahwa ada juga UI tangkapan layar baru yang tersembunyi, tetapi tidak diaktifkan secara default (atau belum berfungsi penuh).

9. Tampilan terbaik untuk ponsel lipat

Ya, kini ponsel lipat memang menjadi tren di pasaran smartphone. Untuk itu Google pun berlomba-lomba memberikan update tampilan baru pada perangkat tersebut agar lebih hidup.