<i>Dark Mode</i> Hadir Lebih Dulu untuk Facebook versi Lite
Ilustrasi Facebook (pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Fitur mode gelap (dark mode) sedang menjadi trending topic untuk berbagai aplikasi ponsel saat ini. Tak ketinggalan Facebook yang juga mulai mengembangkan mode gelap di aplikasinya.

Hanya saja bukan aplikasi utamanya yang mendapat pembaruan fitur mode gelap, melainkan Facebook versi Lite-nya. Sama halnya dengan WhatsApp Beta yang lebih dulu mencoba mode gelap.

Melansir dari 9to5Google, setidaknya Facebook menjadi aplikasi pertama yang sudah mempunyai mode gelap sekalipun baru versi Lite-nya. Pada mode ini, tampilan warna Facebook Lite akan berubah ke tema gelap pada hampir seluruh aplikasinya, dari mulai feed, profile, sampai setting.

Mode gelap ini hadir pada Facebook Lite versi 185.0.0.6.118. Fitur ini akan secara otomatis dapat ditemukan pada menu "setelan" setelah pengguna melakukan pembaruan.

Tampilan mode gelap di Facebook Lite (dok. XDA Developers)

Untuk menggunakan mode gelap di Facebook Lite cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan tanda garis tiga di opsi pilihan tab paling kanan, nantinya akan terlihat mode gelap lalu tinggal diaktifkan.

Berbeda dengan mode gelap pada aplikasi lainnya. Tampilan antar-muka dari Facebook Lite ketika dalam keadaan dark mode akan lebih condong berwarna abu-abu ketimbang hitam pekat. 

Sejatinya versi ringan dari Facebook ini memangkas sejumlah fitur utama dari platform buatan Mark Zuckerberg, dengan tampilan animasi yang lebih sedikt sehingga tidak memberatkan sistem operasi. Sebagai perbandingan, aplikasi utama Facebook berukuran 39MB, versi Lite hanya kurang dari 2MB. 

Melihat perbedaan ukuran sistem dan ruang penyimpanannya, mungkin Facebook Lite dirasa cocok untuk menguji mode gelap sebelum diterapkan ke aplikasi utamanya. Apalagi Facebook juga telah merilis fitur mode gelap pada WhatsApp versi Beta.

Beberapa aplikasi yang sudah memiliki mode gelap seperti, Evernote, Google Calendar, Pinterest, Telegram, Waze, YouTube dan aplikasi logo burung biru Twitter. Pilihan tema gelap ini membuat perangkat dengan layar OLED ataupun AMOLED tidak terlalu menguras konsumsi baterai.