Dampak Ekonomi Akibat Virus Corona Hanya Akan Terasa pada Semester Pertama
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Chief Economist and Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Katarina Setiawan memprediksi dampak virus corona terhadap ekonomi nasional tidak akan lama. Menurutnya, dampak corona hanya dirasa pada semester I/2020, karena polanya sama seperti epidemik virus lainnya, yakni seperti SARS dan MERS.

"Jadi pada kuartal II akan ada harapan apabila polanya sama mengikuti kasus penyakit sebelumnya. Hanya saja belum dapat dipastikan berapa panjang waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian virus baru tersebut," kata Katarina, Selasa 18 Februari.

Ia mengatakan, dampak corona yang negatif tidak akan signifikan jangka panjang sehingga kemungkinan penurunan saham yang terjadi saat ini bisa menjadi kesempatan bagi investor untuk membeli pada harga yang lebih murah.

"Prediksi ini kalau kita asumsikan seperti kasus penyakit sebelumnya, dan dampak corona kemungkinan satu kuartal, dan terhadap pasar saham kemungkinan empat bulan paling buruknya," katanya.

Ia mengakui, reaksi awal pasar terhadap corona cenderung negatif, hal ini karena adanya faktor ketidakpastian, sehingga muncul sentimen negatif.

"Pasar kami perkirakan mereda setelah intensitas penyebaran virus turun, dan investor menganalisa kembali dampak riil dari wabah terhadap ekonomi dan earnings perusahaan," katanya.

Ia menilai, dampak corona secara global paling banyak menyasar sektor pariwisata baik ritel, transportasi, hotel dan restoran.

"Untuk Indonesia cukup beruntung, karena selama ini tidak terlalu banyak bergantung pada sektor pariwisata lantaran sektor ini hanya berkontribusi 1,8 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB)," tuturnya.

Katarina mengaku, posisi Indonesia masih lebih baik dibanding Thailand yang 12 persen PDB nya masih bergantung pada pariwisata.

"Yang diperlu dicermati oleh investor adalah dampaknya terhadap pergerakan harga komoditas yang memiliki pengaruh pada pasar saham dan ekonomi Indonesia," katanya.