Bukan Lagi <i>Meme</i>, Kini Bayar SPP Bisa Lewat GoPay
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak founder Gojek Nadiem Makarim ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendidikan dan kebudayaan, banyak candaan atau meme di media sosial bagaimana jika GoPay dipergunakan untuk membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sekolah. Kini candaan dan meme itu berhasil direalisasikan oleh Gojek.  

Gojek secara resmi mengumumkan sistem pembayaran digital miliknya, sudah bis melakukan pembayaran SPP di sekolah. Tak hanya SPP, pengeluaran lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler juga dapat dibayar dengan dompet digital ini melalui aplikasi Gojek di fitur GoBills.

"Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran," kata Arno Tse selaku Senior Vice President Sales GoPay dalam keterangannya. 

Meme Nadiem Makarim saat ditunjuk jadi Mendikbud (Twitter @inlapa.dah)

Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek di fitur GoBills. Saat ini ada sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills.

Arno Tse menjelaskan GoPay sebagai uang elektronik telah banyak dipergunakan oleh masyarakat Indonesia. Layanan GoBills juga akan memudahkan lembaga pendidikan untuk menghasilkan pencatatan transaksi penerimaan dengan lebih rapi dan teratur. 

"Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital," lanjutnya.

Adapun pilot project GoPay untuk pembayaran SPP telah dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Akhlaqiyah di Semarang, Jawa Tengah. Sejumlah lembaga pendidikan juga telah terdaftar sebagai mitra GoPay untuk layanan GoBills, beberapa di antaranya Al Azhar, Al Irsyad, BKB Nurul Fikri, LP3i, dan Pesantren An Nuqthah.

Lalu bagaimana caranya membayar SPP melalui GoPay? Mudah sekali, buka aplikasi Go-Jek lalu pilih opsi Layanan Lainnya, Klik GoBills lalu pilih tempat lembaga pendidikan, selanjutnya masukkan ID pelajar klik lanjut untuk mengkonfirmasi pembayaran.

Metode pembayaran GoBills (dok. GoPay)

Setelah proses pembayaran selesai, pengguna akan menerima bukti transaksi di bagian bawah layar dan buktinya ini juga dikirimkan ke e-mail pengguna. Layanan ini bisa membantu pihak sekolah dan orang tua untuk merapikan catatan pengeluaran serta penerimaan sekolah.

Sejak diluncurkan pada 2017, GoBills bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan seperti pendidikan, air, listrik, pulsa, BPJS kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak hingga zakat. Pembayarannya bisa menggunakan GoPay.

Selain SPP, GoPay juga bisa digunakan untuk pembayaran di kantin beberapa lembaga pendidikan. Pembayaran non-tunai milik Decacorn itu telah bekerja sama dengan 50 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta Utara pada awal tahun lalu.