Gempa Bumi Guncang Lebak, Terasa Hingga Sukabumi
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 4,9 terjadi di Lebak, Banten. Adapun pusat gempa berada di laut yang berjarak 91 kilometer Barat Daya Lebak.

Menurut situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa terjadi pada Senin, 17 Februari pukul 19.46 WIB. Lokasi gempa berada pada 7,36 Lintang Selatan dan 106,6 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Adapun gempa dengan dengan skala III MMI ini dirasakan di kawasan Cikotok, Cihara, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Panyauangan, Cilograng, Pandeglang, Banjarsari, dan Sukabumi.

Sementara itu, melansir dari sukabumiupdate.com, sejumlah warga Pajampampang merasakan getaran gempa tersebut. 

“Lumayan besar getarannya tapi sebentar hanya beberapada detik saya,” jelas Warga Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Goyangan gempa ini juga dilaporkan oleh warga Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. “Dibawa lima detilah, cukup terasa karena saya memang lagi duduk santai di teras rumah,” ungkap Gelar Drajat warga Waluran.

Sementara, belum dilaporkan ada dampak dan kerusakan dari gempa kali ini. “Saya masih monitoring dan menunggu laporan petugas dilapangan. Semoga tidak ada kerusakan dan dampaknya,” jelas petugas BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman.