Joaquin Phoenix dan Renee Zellweger, Aktor dan Aktris Terbaik Oscar 2020

Joaquin Phoenix dan Renee Zellweger, Aktor dan Aktris Terbaik Oscar 2020

Joaquin Phoenix (Twitter @jokermovie)

Bagikan:

JAKARTA - Ajang Piala Oscars 2020 digelar pada Senin, 10 Februari pagi WIB di Dolby Theater, Los Angeles, Amerika Serikat. Acara ini digelar setiap tahun untuk memberikan apresiasi kepada film-film yang hadir dalam setahun terakhir. Untuk kategori Best Lead Actor dan Best Lead Actress, kali ini jatuh kepada Joaquin Phoenix dan Renee Zelweger.

Joaquin Phoenix menjadi perbincangan karena perannya sebagai Joker dalam film berjudul sama. Ini merupakan kedua kalinya pemeran Joker memenangkan Piala Oscar setelah Heath Ledger pada 2009. Keduanya dianggap mampu membawa sosok Joker menjadi seseorang yang penuh dengan kegelapan.

Aktor berusia 45 tahun itu melakukan serangkaian persiapan untuk memerankan Joker, salah satunya dengan melakukan riset mengenai kriminologi dan narsistik dari Buster Keaton dan aktor Ray Bolger, orang-orangan sawah dari The Wizard of Oz. Gaya menarinya menginspirasi Phoenix untuk menari dengan aneh dan elegan. Ia juga berjalan dengan misterius.

Selain itu, dilansir dari Vanity Fair, Phoenix tidak berbicara banyak dengan Robert De Niro, lawan mainnya dalam film Joker. Karena kesamaan metode akting, mereka merasa tidak ada yang perlu didiskusikan dan hanya perlu berakting sesuai karakter yang mereka miliki.

Dalam pidato kemenangannya di Piala Oscar, Phoenix menceritakan tentang ketidakadilan dalam industri film yang masih dirasakan oleh banyak orang. “Saya tidak merasa tinggi dibandingkan nominasi atau siapa pun dalam ruangan ini, karena kita berbagi cinta yang sama - itulah film. Hadiah terbaik yang diberikan kepada saya, dan orang di sini adalah kesempatan menggunakan suara kita dari mereka yang tak bersuara.”

Phoenix juga berbicara soal tidak adanya kesetaraan gender di dalam industri, padahal baik perempuan maupun laki-laki memiliki kemampuan yang sama untuk berkarya. Ia pun mengakhiri pidatonya dengan; “Bukan ketika kita membatalkan satu sama lain untuk kesalahan di masa lalu, tetapi ketika kita membantu satu sama lain untuk bertumbuh. Ketika kita mengedukasi satu sama lain, ketika kita membimbing satu sama lain untuk penebusan.”

“Ketika ia berumur 17, adik saya (River) menulis lirik ini. Ia berkata: “Berlari untuk menangkap dengan cinta dan kedamaian akan mengikuti.”

Sementara itu, Best Lead Actress yang dimenangkan oleh Renee Zelweger merupakan sebuah kelayakan. Zelweger memerankan Judy Garland dalam film Judy ini menjadi nama besar di antara nama lain seperti Saoirse Ronan, Cynthia Erivo, Charlize Theron, dan Scarlett Johansson.

Judy menceritakan perjalanan Judy Garland, seorang aktris dalam membangun kariernya di London. Perjalanan Garland bertemu dengan suaminya, serta orang-orang yang membantu kariernya dan membantu mengobati gangguan jiwanya. Tetapi karena penggunaan obat serta rasa kecemasan semakin menguasai dirinya dan mengganggu kariernya. Garland meninggal pada usia 47 tahun pada 1969.

Saat menerima pialanya, Zellweger memulai dengan kata-kata: “Percakapan setahun belakangan merayakan Judy Garland menuju generasi dan budaya menjadi pengingat yang keren bahwa pahlawan kita menyatukan kita. Terbaik di antara kita, yang menginspirasi kita untuk menemukan yang terbaik dalam diri kita, ketika mereka menyatukan kita, ketika kita melihat pahlawan kita, kita setuju, Anda tahu? Dan itu penting.”

Zellweger juga menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada beberapa figur yang ia idolakan seperti Martin Scorsese, Fred Rogers, dan Harriet Tubman.

“Judy Garland tidak menerima kehormatan ini saat waktunya. Saya yakin momen ini menjadi perluasan perayaan warisannya yang memulai film dan representatif sebuah fakta bahwa keunikan yang tidak terkecuali dan inklusivitas dan kemurahan hati, itu melampaui pencapaian artistik. Nyonya Garland, Anda tentu di antara para pahlawan yang menyatukan dan mendefinisikan kami dan ini tentu saja untuk Anda. Saya sangat bersyukur.”

Timbul kontroversi saat penayangan Judy yaitu anak Judy Garland, Liza Minnelli dan Lorna Luft mengatakan mereka tidak akan menonton film ini. Namun, Zellweger mengatakan film ini adalah karya penghormatan untuk ibu mereka sekali pun film tersebut memasukkan momen masa-masa terakhir Garland.

Piala Oscars 2020 adalah kemenangan pertama Joaquin Phoenix sedangkan bagi Renee Zellweger ini adalah piala keduanya setelah memenangkan Best Supporting Actress untuk film Cold Mountain di tahun 2004. Anda bisa melihat daftar pemenang secara lengkap di sini. Selamat untuk Joaquin Phoenix dan Renee Zellweger!

 

Tag: Film