Google Mau Batasi Tayangan Pop-up Iklan yang Mengganggu di YouTube

Google Mau Batasi Tayangan <i>Pop-up</i> Iklan yang Mengganggu di YouTube

Google (Engadget)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi sebagian orang, iklan yang muncul secara mendadak di video YouTube pasti terganggu. Berbeda dengan konten kreator yang memang sengaja memasang ads atau iklan agar mendapat cuan (uang).

Namun entah bagaimana, Google mulai memperhitungkan untuk membatasi jumlah tampilan iklan di video YouTube. Bahkan Google akan memblokir tayangan iklan yang muncul pada unggahan video YouTube dengan durasi kurang dari 8 menit. 

Mengutip dari The Verge, keputusan ini diambil setelah melihat hasil penelitian untuk menentukan jenis iklan yang mengganggu pada konten video YouTube. Mereka mengatakan bahwa iklan pre-roll yang tidak dapat dilewati selama 31 detik di awal video, atau iklan yang bisa dilewati di tengah video adalah versi iklan paling banyak dibenci orang secara online.

"Kami ingin mengembangkan standart baru dalam tayangan iklan agar lebih baik dan tidak mengganggu konten video. Hal ini berdasarkan penelitian dari 45.000 konsumen di seluruh dunia," tulis Google dalam blog Chromium, Kamis, 6 Februari. 

Rencananya Google akan mulai membatasi tayangan iklan-iklan yang menganggu di YouTube secara default, pada 5 Agustus 2020 mendatang. Nantinya Google akan melihat respon dari pengguna YouTube terkait penempatan iklan yang tidak akan mengganggu tayangan video yang ditonton. 

Perlu diakui juga pendapatan terbesar konten kreator dan Google, melalui penayangan iklan yang disematkan dalam video YouTube. Bahkan dalam setahun YouTube bisa menghasilkan 15 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun 2019. 

Meskipun tayangan iklan bisa diblokir secara langsung oleh penggunanya, dengan extensi dari pihak ketiga. Apalagi tidak menutup kemungkinan bila menggunakan aplikasi pihak ketiga juga tidak terlalu aman, karena Google baru-baru ini juga menemukan malware dalam tayangan iklan.

"Kami telah melihat tingkat pemblokiran iklan di Amerika Utara dan Eropa naik secara signifikan di Chrome," kata manajer produk Chrome, Jason James. 

Demi kenyamanan penggunanya, Google juga akan menjanjikan beberapa perubahan lain dalam waktu dekat. Dimulai dari laman browser Chrome yang juga akan memblokir pop up iklan tanpa pemberitahuan atau izin lebih dulu.

Selain itu Google juga akan mengubah beberapa setelan pada laman browsernya Chrome lewat pengaturan cookie yang dijuluki SameSite. Tentunya perubahan dan kebijakan baru Google ini akan sangat membantu bagi pengguna YouTube untuk mengatasi tampilan iklan yang mengganggu.