Selamat Ulang Tahun ke-16 Facebook, Media Sosial Paling Fenomenal di Dunia

Selamat Ulang Tahun ke-16 Facebook, Media Sosial Paling Fenomenal di Dunia

CEO Facebook Mark Zuckerberg (Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Selamat ulang tahun untuk Facebook, yang kini genap berusia 16 tahun. Media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu, kini telah menjelma sebagai perusahaan bernilai miliaran dolar dan telah digunakan hampir di seluruh dunia. 

Dirangkum dari Mirror, dari kamar asrama di Universitas Havard Mark Zuckerberg merilis situs media sosial pertamanya. Facebook mulanya, dibuat sebagai wadah para alumni dan mahasiswa Havard agar bisa saling berhubungan. 

Namun siapa sangka, situs yang dibuatnya ini justru populer dan tidak hanya digunakan oleh mahasiswa Havard. Kala itu, satu-satunya pesaing Facebook adalah MySpace yang memiliki desain website biru putih.

Kini Facebook telah menjelma sebagai perusahaan benilai miliaran dolar Amerika Serikat (AS). Menurut laporan Forbes, Zuckerberg sendiri diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar 77,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp10,6 triliun.

Bukan hal yang mengagetkan, pasalnya setiap bulan Facebook memiliki 2,5 miliar pengguna baru. Hal ini membuat platform media sosial itu memiliki pendapatan 25 persen dalam tiga bulan terakhir tahun lalu.

Merayakan ulang tahun ke-16 Facebook, Mark Zuckerberg juga membagikan moment bahagianya pada sebuah postingan bergambar curly fries dengan lilin berangka 16.

"This made me smile.. Happy birthday, Facebook🎉🎂😊," tulis Zuckerberg pada postingannya yang telah mendapat 243 ribu likes.

Dalam rangka ulang tahun Facebook, VOI juga telah merangkum sejumlah fakta unik tentang media sosial yang satu ini:

1. Sebelum platform raksasa biru itu muncul, Zuckerberg membuat FaceMash, yakni platform yang menilai wanita di kampus berdasarkan parasnya. Ide tersebut muncul untuk meretas server universitas dan mengunduh foto-foto mahasiswa tanpa izin. Kemudian, pengguna dapat memilih daya tarik mereka menggunakan algoritma yang memberikan peringkat pilihan.

2. Terakhir kali bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo telah menyandang gelar halaman paling disukai di Facebook, setelah sebelumnya penyanyi Shakira. Namun, banyak yang menduga, bahwa halaman Mark Zuckerberg lah yang seharusnya berada di posisi utama. Sayangnya saat itu Facebook sedang bereksperimen menyembunyikan fitur "Likes" pada platformnya.

3. Saat Anda berada di China, Facebook tidak dapat diakses lantaran pemerintah setempat sejak 2009 telah melarang menggunakan situs media sosial bersama dengan sekelompok platform berbasis di AS seperti Google dan Dropbox.

4. Facebook lebih memiliki banyak pengguna wanita daripada pria, dengam hampir 76 persen pengguna Facebook merupakan wanita.

5. Lebih dari 600.000 upaya dilakukan untuk meretas situs Facebook setiap hari.

6. Pada 2018, Mark Zuckerberg tersandung kasus penyalahgunaan data. Ia menghadapi skandal dengan Cambridge Analytica yang kontroversial, dan membuatnya bersaksi di depan kongres.

7. Sejak diluncurkan pada 2004 silam, perusahaan teknologi tersebut telah melakukan banyak akuisisi. Salah satunya adalah layanan pesan instan WhatsApp yang diakuisisi pada 2014, lanjut dengan Instagram pada 2012. Kini jika pengguna menggunakan kedua layanan tersebut maka akan muncul tulisan "From Facebook."