Dalam Semalam, Harta Kekayaan Elon Musk Bertambah Rp61,7 Triliun
Miliarder Elon Musk (Twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa sangka, harta kekayaan Elon Musk bisa bertambah drastis hanya dalam waktu satu malam. Pertambahan harta dari CEO Space X itu terjadi setelah harga saham dari Tesla melonjak, sekitar USD 2,3 miliar atau Rp31 triliun dalam kurun waktu 60 menit.

Mengutip CNBC, meski harga saham Tesla terus melonjak dalam semalam, Musk belum juga berhasil menyingkirkan Jeff Bezos sebagai orang terkaya nomor satu di dunia versi Forbes. Musk masih harus mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya sebesar 80 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Musk akan menggulingkan pendiri Amazon tersebut, sebab Bezos hanya naik 9 miliar dolar AS tahun ini, sementara Bill Gates sekitar 2 miliar dolar AS.

Jika Musk mampu mempertahankan kapitalisasi pasar rata-rata 150 miliar dolar AS untuk perdagangan dalam periode enam bulan yang berlaku atau selama 30 hari kerja, ia akan mendapatkan peningkatan kapitalisasi pasar kedua dalam rencana pembayaran yang disetujui pemegang sahamnya.

Musk juga harus memenuhi target operasional tertentu untuk membuka tahap dari dua belas opsi pasar saham. Meski bapak dari lima anak itu tidak memiliki gaji, sebagai gantinya ia harus memenuhi kapitalisasi pasar dan peningkatan operasional.

Sebagai informasi, saham Tesla telah melonjak lebih dari 83 persen sejak awal tahun ini, sebagian didorong oleh pendapatan yang lebih kuat dari perkiraan untuk kuartal keempat tahun 2019.

Pada tahun yang sama, Tesla juga bekerjasama dengan pabrik aki mobil yang dijalankan perusahaan dengan Panasonic. Perusahaan riset ARK Invest mengatakan bahwa analis telah menaikkan target saham Tesla yang diperkirakan akan melonjak 7000 dolar AS pada 2024.

Pria berusia 48 tahun itu memiliki sekitar 20 persen saham Tesla yang berbasis di Silicon Valley, sekira 30 miliar dolar AS perusahaan tersebut menyumbang untuk kekayaan Musk.

Bloomberg melaporkan bahwa 14,6 miliar dolar AS lainnya berasal dari perusahaan keduanya yakni pabrik roket SpaceX. Musk juga memiliki 101 juta dolar AS dari The Boring Company, dan sisanya 3,6 miliar dolar AS di dapat secar cuma-cuma dari beberapa perusahaan lainnya.