Alibaba Ikutan Bikin <i>Smartphone</i> Layar Lipat
Bocoran paten Smartphone layar lipat buatan Alibaba (let'sGoDigital)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan e-commerce besutan Jack Ma, Alibaba sepertinya sedang melirik pasar smartphone dunia. Secara diam-diam perusahaan ini telah mendaftarkan rancangan paten unit ponsel berdesain layar lipat.

Dikutip dari Gizbot, smartphone berlayar lipat ini sudah didaftarkan ke World Intellectual Property Organization (WIPO), pada 21 Januari 2020. Berdasarkan rancangan patennya, desain smartphone yang didaftarkan Alibaba ini terbilang unik dibanding ponsel layar lipat milik Samsung maupun Motorola. 

Pasalnya smartphone yang diusung Alibaba ini bisa dilipat dua kali. Jadi bagian bawah dan atas ponsel ini bisa dilipat sehingga menutup sempurna. 

Dalam keadaan terbuka, smartphone ini tampak seperti ponsel pada umumnya. Uniknya, ponsel besutan Alibaba ini juga memiliki panel layar sekunder di sisi belakangnya, yang ukurannya sepertiga dari panjang ponsel ini. 

Desain paten smartphone layar lipat Alibaba (Gizbot)

Jadi ketika ponsel ini dalam keadaan tertutup, penggunanya tetap bisa mengecek notifikasi display dengan cepat. Ponsel ini juga memiliki dua tombol fisik yang berupa power dan volume.

Hanya saja dari tampilan desain paten yang dilihat Let's Go Digital, ponsel ini tidak memperlihatkan di mana posisi kamera belakang maupun di depannya. 

Rencana Alibaba dalam membuat smartphone layar lipat ini cukup menarik, pasalnya perusahaan besutan Jack Ma ini memang belum pernah memproduksi ponsel. Tak hanya satu desain saja, Alibaba juga telah mendaftarkan sembilan model untuk smartphone perdananya ini.

Sayangnya, belum ada bocoran spesifikasi maupun harga yang akan ditawarkan Alibaba untuk smartphone layar lipat ini. 

Tren Smartphone Layar Lipat

Jauh sebelum Alibaba mendaftarkan desain paten untuk smartphone layar lipatnya. Samsung dan Motorola telah lebih dulu memproduksi ponsel layar lipat. 

Motorola bahkan sudah lebih dulu memperkenalkan smartphone layar lipatnya ke publik, dengan mengusung nama Razr. Ponsel ini bakal menjadi comeback panjang dari Motorola, yang akan meluncur pada 18 Februari mendatang.

Sementara Samsung juga dikabarkan sedang memproduksi smartphone layar lipatnya yang bernama Galaxy Z Flip. Smartphone ini juga memiliki desain clamshell serupa Motorola Razr. Samsung Galaxy Z Flip ini dikabarkan akan memulai debutnya pada 14 Februari mendatang.

Fenomena ponsel lipat memang tengah menjamur di beberapa vendor ponsel dunia. Mereka berlomba-lomba untuk memproduksi ponsel layar lipat.