Sejak Hari Ini, Smartphone Lawas Tak Lagi Bisa Menggunakan WhatsApp

Sejak Hari Ini, <i>Smartphone</i> Lawas Tak Lagi Bisa Menggunakan WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (antonbe/pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mulai hari ini, layanan pesan instan WhatsApp tak akan lagi berfungsi di sejumlah smartphone seri lawas atau jadul. Hal dilakukan karena sejumlah sistem operasi (OS) android dan iPhone tidak lagi mendukung pembaruan WhatsApp.

Melansir Metronews.uk, smartphone android dengan os versi 2.3.7 atau Gingerbread yang diluncurkan pada Desember 2010, tak lagi bisa mengoperasikan WhatsApp. Begitu pula dengan perangkat Apple dengan iOS 8 ke bawah.  

"Ini adalah keputusan yang sulit dibuat bagi kami, tetapi tepat untuk memberikan orang cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai menggunakan WhatsApp," tulis WhatsApp dalam postingan blognya, Sabtu, 1 Februari.

Sejatinya penghentian dukungan layanan bagi pemilik smartphone dengan sistem operasi lawas, sudah dilakukan dari jauh-jauh hari. Tujuannya agar pengguna WhatsApp beralih ke perangkat ponsel yang lebih mumpuni atau modern, sehingga dapat memaksimalkan fitur dan layanan dari aplikasi pesan instan ini. 

Perusahaan yang berkantor pusat di Menlo Park, California, AS ini pun menyarankan kepada pengguna untuk memperbarui sistem operasi perangkat ponsel mereka. Pasalnya sebagian fitur dari WhatsApp tidak akan bisa lagi berfungsi pada OS lawas.

"Kami menyarankan Anda untuk memperbarui (sistem operasi ponsel) ke versi yang lebih baru," tulis WhatsApp dalam laman dukungannya.

Sebelumnya, WhatsApp juga sudah menghentikan dukungan aplikasinya bagi seri ponsel Nokia S40, pada 31 Desember 2019. Tak hanya Nokia S40, sebagian ponsel Windows Phone juga tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp.

Meski telah menghentikan dukungan aplikasinya untuk smartphone lawas. WhatsApp masih tetap bisa berfungsi pada OS Android versi 4.0.3 atau Ice Cream Sandwich dan ke atas. Begitu pula dengan sejumlah ponsel iPhone generasi kelima yang sudah menggunakan iOS 9 ke atas.