IndoXXI Tutup, Situs Pengganti Tumbuh Subur

IndoXXI Tutup, Situs Pengganti Tumbuh Subur

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (Tachta Citra Elfira/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kerja keras Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo), untuk memberantas situs-situs film ilegal di Indonesia belum sepenuhnya selesai. Sebab setelah tutupnya IndoXXI, situs-situs sejenis kembali marak bermunculan. 

Beberapa di antaranya bahkan bisa diakses secara bebas, tanpa harus mengakses VPN lantaran diblokir. Salah satunya adalah Juraganfilm. Situs yang sangat mirip dengan IndoXXI, di mana penggunanya masih bisa melakukan streaming film dan mengunduhnya secara bebas.

Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu pernah mengatakan jika kendala utama dalam memberantas situs-situs film ilegal adalah alamat situs yang kerap berubah-ubah. Jadi sekalipun Kominfo memberikan peringatan, pemilik situs akan segera mengganti domainnya. 

Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Jhonny G Plate juga mendorong konsumen dan operator situs pembajakan untuk turut mendukung langkah pemerintah tidak mengakses atau menayangkan film ilegal, sebab hal ini sangat merugikan bagi pemilik hak kekayaan intelektual (HKI).

Dirangkum dari CNBC Indonesia, banyak yang tak menyadari bahwa mengakses situs streaming film online ini sangat merugikan. Bukan hanya ilegal namun juga situs tersebut tidak terjamin keamanannya dan mungkin disusupi malware.

Belum lagi perbuatan mengunggah dan mengunduh film secara ilegal dapat dikategorikan sebagai upaya penggandaan karya cipta secara tidak sah, dan bisa dipidanakan berdasarkan Pasal 113 ayat 3, UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Adapun hukuman penjara paling lama empat tahun. 

Menurut situs, Video Coalition of Indonesia telah menemukan lebih dari 200 situs streaming ilegal semenjak IndoXXI mengklaim menutup layanannya beberapa waktu lalu. Kominfo juga telah memblokir 1.745 situs yang jumlahnya terus bertambah sejak 2017 hingga 2019.

Beberapa situs di antaranya yakni Juraganfilm.tv, cinema21xxi.art, lk21tv.com, nontonfilmdrama.com, movies21.co, layarkaca21, bioskopgo.com, cinematrans7.com, bioskop21.org, biokoskopkerenin.com, filmapik.fun, muvihd21.com, kodramas.com, filmapik.club, dramaserial.xyz, juraganfilm.live, lk21tv.com, 158.69.54.218, lk21d.com, premierexxi.com.