4 Drumer Meninggal Dunia Selama Januari, Awal Tahun yang Kelabu
Bob Gullotti (Foto via Facebook The Lilypad)

Bagikan:

JAKARTA - Januari 2020 menjadi bulan paling gelap bagi dunia musik. Empat drumer fenomenal meninggal dunia nyaris dalam waktu bersamaan.

Kabar duka diawali oleh kematian drumer band rock progresif legendaris Rush, Neil Peart pada 7 Januari. Musisi yang juga berperan sebagai penulis lirik utama dari lagu-lagu band asal Kanada ini menyerah setelah berjuang melawan kanker otak selama 3,5 tahun.

Musisi kelahiran Ontario ini diakui sebagai salah satu drumer rock terbaik sepanjang masa, bersama John Bonham (Led Zeppelin), Keith Moon (The Who), dan Ginger Backer (Cream). 

Rush sudah tidak aktif lagi sejak merampungkan tur R40 Live lima tahun lalu. Peart sebelumnya mengatakan, bermain konser pada usianya menyebabkan terlalu banyak keausan yang menyakitkan pada tubuhnya dan dia lebih suka berhenti sebelum penampilannya mulai menurun secara kualitas.

Lalu, drumer heavy metal Sean Reinert meninggal dunia pada 25 Januari. Ia baru berumur 48 tahun.

Blabbermouth pertama kali melaporkan berita bahwa musisi ini ditemukan tidak responsif pada Jumat di rumahnya di California Selatan. Tidak ada rincian lain tentang kematiannya yang dirilis.

Reinert dikenal sebagai pendiri band '90-an Cynic serta pernah memperkuat band death metal, Death. Dia bermain drum pada album revolusioner mereka, Human rilisan 1991, album yang mendefinisikan metal modern secara gamblang. 

Beberapa karya terkenal Reinert lainnya - selain kontribusinya pada Human, tentu saja - memasukkan perannya dalam album Cynic yang menginspirasi, Focus (1993). Band ini bubar untuk beberapa saat, tetapi kembali bersama pada tahun 2000.

Pada akhir 90-an, Sean dan anggota Death lainnya membentuk band alternatif bernama AEon Spoke, yang mengeluarkan dua album. Dia akhirnya meninggalkan band lamanya, Cynic, pada 2015.

Pada hari yang sama dengan kematian Reinert, drumer jazz Bob Gullotti meninggal dunia pada usia 70 tahun. Sebuah pesan yang diposting oleh klub jazz Cambridge, Massachusetts, The Lilypad, tempat Gullotti tampil reguler, mengonfirmasi kematiannya.

Gullotti merupakan seorang profesor perkusi di Sekolah Musik Berklee, tempat di mana ia lulus pada tahun 1972. Gullotti adalah anggota pendiri The Fringe dan juga tampil bersama Hal Crook, Michael Ray & the Cosmic Krewe, Rick Stepton dan beberapa lainnya. 

Ia adalah bagian dari proyek dari gitaris Trey Anastasio pada tahun 1996, Surrender To Air yang juga ditampilkan dengan sutradara Sun Ra Arkestra, Marshall Allen bersama John Medeski, Marc Ribot, Oteil Burbridge, dan Jon Fishman (Phish).

Gullotti tampil live dengan Phish tiga kali, pertama pada 23 Oktober 1996 di Hartford Civic Center ketika ia bermain untuk seluruh set kedua dan encore. Ia juga menemani band untuk seluruh set kedua dan encore pada 25 Juli 1997 di Dallas dan untuk seluruh konser malam berikutnya di Austin. Sejauh ini, penyebab kematiannya tidak dipublikasikan. 

Tak sampai di situ. Senin, 27 Januari, drumer band heavy metal Amerika Serikat, Corrosion of Conformity, Reed Mullin meninggal pada usia 53 tahun. Belum ada penyebab kematian yang terungkap.

Mullin bermain drum untuk Corrosion of Conformity antara 1982 dan 2001, dan sekali lagi dari 2010 hingga saat ini. Corrosion of Conformity mengonfirmasi meninggalnya Mullin di Twitter mereka.

"Dengan hati yang berat kami mengucapkan selamat tinggal pada seorang teman, saudara, dan perintis. Reed, kamu dicintai dan akan selalu ada. Mari kita mengheningkan cipta..."