Mengenal Kobe Bryant di Luar Karier Basket

Mengenal Kobe Bryant di Luar Karier Basket

Pebasket Kobe Bryant (Foto: @kobebryant)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, pemain basket legenda, Kobe Bryant, meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di Calabasas, California. Dalam kecelakaan tersebut, Kobe bersama anaknya Gianna meninggal di tempat saat kejadian berlangsung. Kejadian tersebut meninggalkan duka yang dalam bagi industri olahraga mengingat Kobe Bryant adalah salah satu nama besar dalam industri ini.

Namun, tidak banyak yang tahu jika sebelum jadi pebasket andal, Bryant adalah seorang musisi yang cukup produktif. Semasa sekolah, Bryant mengambil posisi sebagai rapper dalam grup CHEIZAW bersama teman-temannya. Grup ini pun sempat menandatangani kontrak dengan salah satu label musik terbesar, Sony Entertainment.

Sayangnya, label hanya menginginkan Kobe Bryant sebagai solo dibandingkan bersama grup-nya. Selain itu, mereka juga ingin mengembangkan karier Bryant dalam dunia basket karena kepopulerannya lebih dulu diraih dari bidang tersebut.

Bryant pun akhirnya memulai kariernya, sebagai penyanyi. Dia tampil pada konser Sway & King Tech di tahun 1997. Kemudian, ia mendapat kesempatan untuk mengisi remix lagu Hold Me milik Brian Mcknight. Duet tersebut diabadikan dalam sebuah video musik pada tahun 2009. Saat itu, orang-orang memuji kemampuan rap Bryant.

Album debut-nya Visions dibuat Sony agar lebih radio-friendly dibandingkan underground. Lagu bergenre hip-hop itu turut mengundang model Tyra Banks untuk menyanyikan bagian hook lagu ini. Setelah merilis single pertama, ternyata respon yang diterima kurang menyenangkan sehingga Sony membatalkan rencana membuat album untuk Bryant. Ia kemudian keluar dari label tersebut.

Meskipun sudah keluar dari label, Kobe Bryant dipercaya untuk berduet dengan Jay Chou untuk lagunya, The Heaven and Earth Challenge. Lagu tersebut dirilis dan penjualannya diberikan untuk memfasilitasi basket dalam sekolah dan peralatannya. Sebuah video musik juga dibuat dengan menampilkan kedua musisi. Lagu tersebut juga sempat menjadi lagu latar untuk iklan Sprite pada tahun 2011 seperti tahun perilisannya.

Nama Kobe Bryant juga menjadi inspirasi beberapa musisi untuk proyek musik-nya. Rapper Lil Wayne membuat sebuah lagu berjudul Kobe Bryant di tahun 2009. Di tahun berikutnya, rapper Sho Baraka merilis Kobe Bryant On’em sebagai wujud kagumnya terhadap Kobe Bryant. Selamat jalan, Kobe Bryant.