Persekutuan 'Muram' Anggota System Of A Down, RATM, dan A7X di Lagu Radiohead
Tangkap layar These Grey Man (YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Drumer System Of A Down (SOAD), John Dolmayan, gitaris Rage Against The Machine (RATM), Tom Morello, dan vokalis Avenged Sevenfold (A7X), M Shadow bersekutu membawakan lagu milik Radiohead, Street Spirit (Fad Out).

Single ini diambil dari album solo mendatang dari Dolmayan, These Grey Man. Di dalamnya, juga akan menampilkan sejumlah lagu cover Madonna, Eminem, dan Two Door Cinema Club.

"Saya suka kemuraman lagu ini, (seperti) Anda di kamar dan di luar hujan, dingin, dan pacar Anda mencampakkan Anda," sang drumer mengatakan kepada Rolling Stone tentang keputusannya membawakan ulang Street Spirit (Fade Out).

“Tetapi ketika saya mendengarkannya, saya seperti berkata, 'Saya agak berharap drumnya ada di depan,' atau, 'Bagaimana [John] Bonham melakukan pendekatan terhadap lagu ini jika ini adalah lagu [Led] Zeppelin?' Karena saya penggemar lagu ini, saya ingin membuat versi (yang saya inginkan) itu sebagai penghormatan.”

Tonton videonya di bawah:

Albumnya, yang akan dirilis pada 28 Februari, juga akan menampilkan dua lagu yang menyuguhkan vokalis SOAD, Serj Tankian. Ini merupakan musik pertama yang mereka rekam bersama sejak album solo Tankian rilisan 2007, Elect The Dead.

Berikut daftar lagu dalam These Grey Men:

1. Hung Up (Madonna cover)

2. Street Spirit (Fade Out) (Radiohead cover) (feat. M. Shadows and Tom Morello)

3. Beautiful Thieves (AFI cover)

4. Road To Nowhere (Talking Heads cover) (feat. Serj Tankian)

5. Rock Bottom (Eminem cover)

6. Runaway (Del Shannon cover)

7. Starman (David Bowie cover) (feat. Serj Tankian)

8. What You Know (Two Door Cinema Club cover)

Sementara itu, SOAD, meski beberapa kali masuk studio sejak mereka menyatakan vakum pada 2011, tidak ada lagu baru yang muncul ke permukaan. Pada 2018, Tankian dkk berusaha menggarap album baru tetapi terganggu oleh perbedaan kreativitas para personelnya.

Sementara itu, bassis Shavo Odadjian baru-baru ini mengungkap dalam sebuah wawancara dengan SiriusXM, SOAD memiliki ide untuk lagu baru tapi sejauh ini tidak ada musik apapun yang direkam. Kata dia, jika dirinya seorang pembuat keputusan SOAD tidak akan pernah berhenti dan bisa merekam album kesembilan atau kesepuluh mereka saat ini. 

“Dua tahun yang lalu, kami berkumpul bersama, kami bertiga - minus Serj, karena, pada saat itu, ia fokus pada banyak hal solo - dan kami, seperti, Kami tidak ingin menunggu. Ayo masuk saja dan lihat apa yang bisa kita lakukan. Dan kami masuk dan menulis sekitar 10 atau 11 lagu," kata Odadjian. 

“Materi itu sangat bagus. Ide itu keluar sangat hebat. Dan saya berharap suatu hari kembali ke sana dan menggunakan beberapa materi Serj. Saya tahu Serj punya beberapa materi." 

Ketika ditanya mengapa SOAD tidak dapat menyelesaikan album penuh yang sudah lama ditunggu-tunggu, sang bassis menjawab: “Di dunia saya, kawan, mengapa itu tidak terjadi adalah pertanyaan besar." 

Gitaris dan penulis lagu Daron Malakian lantas menindaklanjuti komentar Shavo dengan mengatakan proyek tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Kata dia, para personel band memiliki cara berbeda dalam menulis lagu di studio.

Terlepas dari perjuangan ini, SOAD akan kembali ke Inggris musim panas mendatang untuk tampil sebagai headliner di Download Festival. Mereka akan melengkapi line up acara tersebut bersama KISS dan Iron Maiden.