10 Situs <i>e-Commerce</i> Paling Populer Tahun 2019
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

Jakarta - Sejumlah e-commerce saling bersaing untuk menjadi pilihan terbaik di Indonesia.

Menurut hasil survei situs CupoNation, Tokopedia berada di peringkat teratas sebagai situs paling banyak dikunjungi sepanjang tahun 2019.

"Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia, yakni dengan total pengunjung 1,2 miliar yang terbagi dari 863,1 juta pengunjung dari web mobile dan 329,8 juta pengunjung dari desktop," ungkap CupoNation dalam laporannya via website.

Tabel dari CupoNation

Selanjutnya di peringkat kedua, ditempati Shopee yang memiliki jumlah pengunjung 837,1 juta. Jumlah tersebut mengungguli Bukalapak yang mendapatkan jumlah pengunjung 823,5 juta. 

Lainnya, CupoNation juga mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia lebih gemar belanja online melalui smartphone mereka daripada versi desktop.

Hal tersebut dikuatkan oleh studi e-commerce dari Frost & Sullivan's yang mengatakan, saat ini terjadi peningkatan tren konsumen yang semakin menggilai aplikasi belanja melalui smartphone mereka.

Shopback dalam studinya juga menguatkan terkait dominasi ponsel di industri e-commerce, aplikasi belanja online di ponsel menyumbang traffic paling banyak di platform e-commerce saat ini.

Lebih spesifik, munculnya fitur inovasi di platform e-commerce guna menciptakan aktivitas lain selain melakukan belanja yakni membayar tagihan listrik, BPJS, membeli tiket pesawat maupun kereta, sehingga lebih efisiensi secara waktu ketimbang melakukannya secara offline. Tentu saja ini menjadi alasan peningkatan traffic melalui aplikasi ponsel.

"Hal ini menunjukkan jika hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih menyukai belanja online dengan menggunakan smartphone daripada desktop," tulis CupoNation.

Dari hasil jajaran peringkat e-commerce ini, masyarakat Indonesia dapat memilih aplikasi belanja online maupun situs apa saja yang paling aman digunakan untuk bertransaksi online.