Menyimak Perayaan Imlek di Sejumlah Negara
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun Baru China atau Imlek merupakan sebuah perayaan pergantian tahun yang tak hanya dirayakan di China, namun juga dirayakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Perayaan yang juga disebut sebagai Spring Festival ini merupakan perayaan yang berusia 3.000 tahun lebih dan memiliki pesonanya tersendiri. Tiap tahunnya, shio sebagai pelambang tahun akan berganti. Pada 2020, Tahun Baru China adalah shio tahun tikus. 

Tidak seperti penanggalan masehi, Imlek menggunakan kalender China kuno. Kalender tersebut biasanya juga digunakan untuk menentukan pernikahan, pemakaman, dan sejenisnya untuk menentukan apakah hari tersebut baik atau tidak. 

Namun, pada tahun ini, banyak perayaan Imlek di China harus dibatalkan. Beijing dan Shanghai tidak akan menggelar perayaan Tahun Baru China yang meriah dikarenakan wabah virus corona. Wabah virus corona ini berasal dari Kota Wuhan, dan telah menginfeksi lebih dari 600 orang. 

Berikut berbagai perayaan perayaan Imlek di berbagai negara yang dihimpun dari berbagai sumber oleh tim VOI, Sabtu 25 Januari 2020. 

Amerika Serikat

Ada banyak Chinatown di AS, termasuk di San Francisco, New York, Seattle, Boston, Chicago, Washington DC, dan Los Angeles. Selama perayaan Imlek, semua Chinatown serentak menggelar karnaval budaya China.

Dekorasi Imlek seperti lentera, barongsai, parade perahu hias, dan pesta jalanan mengambil alih area ini, membuat pengunjung bertanya-tanya apakah mereka masih di AS atau tengah berada di China.

Tidak hanya Chinatown, tatanan suasana China juga terasa Disneyland dan Universal Studios di Los Angeles. Terdapat tatanan khusus yaitu lentera merah yang berbentuk Mickey Mouse dan ornamen tradisional lainnya tersebar di berbagai penjuru taman hiburan.

Selain itu, terdapat pameran budaya di Pusat Kebudayaan Chicago. Institut Seni Chicago menyelenggarakan acara multigenerasi untuk merayakan tahun tikus. Acara ini menampilkan kreasi, musik, permainan, demonstrasi seni, pertunjukan tentang shio China, dan perbincangan terkait kesenian menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin.

Kanada

Di Kanada, negara yang dikenal dengan multikulturalismenya, Tahun Baru China dirayakan secara publik. Dari Toronto ke Vancouver, di mana saja terdapat kedutaan atau konsulat China, diplomat China dan pejabat pemerintah setempat diundang untuk bergabung dalam Parade Tahun Baru China dan perayaan lainnya, seperti pertunjukan kostum dan pameran.

Anggota Kongres nantinya menyiapkan banyak amplop merah untuk dikirim ke tetangga. Namun tentu saja, di dalam amplop merah bukan uang melainkan permen. Festival Tahun Baru China telah menjadi festival resmi di Kanada sejak Juni 2016.

Australia

Festival Imlek menjadi perayaan resmi di Australia. Kota-kota besar di seluruh pelosok negeri merayakan festival akbar China ini.

Kegiatan meriah meliputi pertunjukan kembang api yang indah di Sydney Harbour pada malam Tahun Baru Imlek, Parade Festival Musim Semi dengan ribuan orang, konser bergaya ala China di Sydney Opera House, serta Karnaval Tahun Baru Melbourne dan lomba perahu naga. Untuk perayaan Tahun Baru China di 2020, hampir bersamaan dengan perayaan Australia Day yaitu pada 26 Januari 2020. 

Hong Kong

Kuil Wong Tai Sin adalah kuil yang terkenal dan merupakan objek wisata utama di Hong Kong. Pada malam Imlek, ribuan pengunjung menunggu di luar kuil sebelum tengah malam dan bergegas ke altar utama untuk berdoa kepada Dewa Wong Tai Sin. 

Menurut tradisi, semakin awal mereka memberi dupa, semakin baik keberuntungan yang mereka miliki tahun itu. Tradisi ini tidak terbatas pada mereka yang memiliki keyakinan agama yang kuat; mereka yang tidak berkeyakinan suatu agama juga biasanya tetap berkumpul di kuil tersebut. 

Namun, perayaan Tahun Baru China kali ini berbeda. Pasalnya selain aksi protes Hong Kong terhadap pemerintah China masih berlangsung, kegiatan yang melibatkan banyak massa juga harus dibatalkan karena Hong Kong tengah melakukan pengawasan kuat untuk mengontrol wabah virus corona yang tersebar dari China. 

Inggris 

Kota London di Inggris, setiap tahunnya merayakan Imlek. London sangat bangga memiliki perayaan Imlek terbesar yang ada di luar Asia. Perayaan Imlek yang diselenggarakan biasanya adalah parade, pertunjukan kostum China dan pertunjukan barongsai. 

Parade yang utama biasanya dimulai pada pukul 10 pagi, melewati Chinatown dan kota London. Setelah parade, pertunjukan panggung dimulai di Trafalgar Square, bersamaan dengan hidangan jenis makanan China dan kegiatan budaya lainnya.

Selain London, Kota di Inggris seperti Manchester, Birmingham, Liverpool, dan Glasgow, juga memiliki jadwal perayaan masing-masing untuk merayakan Imlek.