Drakor <i>Crash Landing on You</i> Dipolisikan Partai Liberal Kristen Korea
Ri Jeong Hyeok dan Yoon Se Ri (CJnDrama)

Bagikan:

JAKARTA - Serial drama Crash Landing on You, terus menuai reting positif di setiap episode-nya. Hanya saja film yang mengambil latar konflik Korea Utara dan Korea Selatan ini, tak lepas dari kontroversi. 

Kabar terbaru datang dari Partai Liberal Kristen di Korea Selatan melaporkan drama produksi tvN ke pihak berwajib. Menurut mereka serial drama ini terlalu mengglorifikasi Korea Utara dalam setiap penayangannya, sehingga telah melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional Korea Selatan saat ini. 

Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengkonfirmasi mereka sedang meninjau tuduhan yang dilaporkan Partai Liberal Kristen pada 9 Januari. Keesokan harinya, Partai Liberal Kristen menuliskan 

“Korea Utara tidak pernah sekalipun merendahkan senjata yang telah mereka arahkan kepada kami. Sebagai hasil dari Presiden dan perusahaan siaran yang tidak bisa membedakan musuh, warga kami telah dihasut.”

Dilansir dari Soompi, menurut mereka, tidak boleh memuji atau mengikuti organisasi anti-nasional yang membahayakan keberadaan Korea Selatan. Meskipun tidak menunjuk secara spesifik pihak mana yang bersalah, tetapi Partai Liberal Kristen berharap kasus ini perlu diselidiki dan dihukum dengan keras.

Kepolisian juga menjawab jika mereka belum memulai investigasi secara resmi dan masih mengulas permasalahan. Hal terkait menghukum konten sebuah drama sebagai pelanggaran terhitung jarang terjadi sehingga membutuhkan waktu untuk mengulas secara detil.

“Dengan sengaja mengkompromikan keberadaan bangsa, keamanan, atau tatanan dasar demokrasi liberal dan memuji, mendukung, mengiklankan, dan atau mengikuti organisasi anti-nasional dengan menerima pesanan atau sebagai anggota yang berpartisipasi, atau mengiklankan dan atau menghasut terkait urusan nasional akan menghasilkan maksimum tujuh tahun kerja paksa," kutip Pasal 7 Ayat 1 Undang-Undang Keamanan Negara Korea Selatan.

Tayang sejak 14 Desember 2019, Crash Landing on You menceritakan hubungan antara pewaris konglomerat Yoon Se Ri (Son Ye Jin) dan tentara Korea Utara Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin). Keduanya bertemu dalam sebuah kecelakaan dan menyebabkan mereka mulai tumbuh benih asmara.

Di sisi lain, penayangan untuk episode 11 dan 12 yang seharusnya tayang minggu ini harus ditunda. Dikarenakan perayaan Imlek, sehingga epsidoe baru dari Crash Landing on You baru akan ditayangkan di minggu berikutnya.