Seperclassico de las Americanas, Trofi Pertama Messi Bersama Argentina

Seperclassico de las Americanas, Trofi Pertama Messi Bersama Argentina

Lionel Messi mengangkat trofi internasional pertamanya (Twitter @argentina)

Bagikan:

RIYADH - Lionel Messi akhirnya mendapat gelar internasional pertamanya setelah Argentina mengalahkan Brasil dalam partai Superclasico de las Americanas. Laga ini digelar di King Saud University Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Jumat, 15 November.

Superstar Barcelona mencetak satu-satunya gol dalam laga tersebut, menyambut bola pantul dari jarak dekat hasil tendangan penaltinya yang digagalkan kiper Brasil Alisson Becker.

Gabriel Jesus juga gagal mengeksekusi penalti bagi Brasil dalam sebuah partai bergengsi yang sesungguhnya tidak 'panas' itu.

Tapi, meski pertandingan kurang menarik, Messi akhirnya mampu mengangkat trofi pada ujung laga, ya semacam itu lah.

Superclasico de las Americanas atau Super Classic of the Americas hanya diikuti dua tim, Brasil dan Argentina dan sesungguhnya cuma sebuah laga persahabatan. Kompetisi ini dimulai sejak tahun 2011 dan sudah dimainkan lima kali di mana Brasil memenangi empat laga sebelumnya.

Tapi, tahun 2019 menjadi tahunnya Messi, yang baru kembali dari hukuman larangan membela tim nasional sejak melakukan protes keras terhadap CONMEBOL usai Copa America 2019.

Memang, trofi ini tidak sebanding dengan Piala Dunia atau Copa America, tapi kita tidak bisa mencopotnya begitu saja dari sang kapten. Lihat, betapa bahagianya La Pulga memegang trofi ini!

Kebahagiaan Messi saat mengangkat trofi internasional pertamanya (Twitter @argentina)

 

Sesungguhnya, Messi pernah memberikan trofi juga untuk Argentina. Saat meraih Piala San Juan pada Juni lalu usai mengalahkan Nikaragua 5-1 di Stadion San Juan. Piala San Juan merupakan trofi dari laga persahabatan jelang Copa America yang selevel dengan trofi Thomas Cook atau Piala Emirates. Faktanya, para penggemar mengklaim di media sosial bahwa Superclasico de las Americana lebih bergengsi dibandingkan dengan Piala San Juan dan bahkan UEFA Nations League yang dimenangkan Cristiano Ronaldo bersama Portugal pada musim panas lalu.

Hal ini boleh saja mengundang perdebatan panjang. Tapi mungkin setidaknya kini skor trofi internasional antara Messi dan Ronaldo menjadi 2-1. Ya, Ronaldo memenangkan Piala Eropa tiga tahun lalu.

Yang tidak boleh dilupakan, gol tunggal Messi dalam laga semalam membuatnya makin melesat sebagai pencetak gol terbanyak timnas Argentina dengan 69 gol.

Perdebatan Messi versus Ronaldo tidak pernah usai dan para penggemar sepak bola setuju jika bintang Juventus lebih superior di level internasional. Tapi, trofi pertama Messi ini mungkin bisa memercikan argumen baru. Boleh setuju boleh tidak.