Wejangan yang Perlu Diperhatikan saat Perayaan Imlek
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Selalu ada wejangan di setiap tahun baru China atau Imlek, tak terkecuali tahun tikus logam, yang jatuh pada 25 Januari. Sejumlah wejangan itu dipercaya akan menentukan nasib seseorang selama 12 bulan ke depan. 

Wejangan itu ada yang berupa larangan. Di antaranya, larangan mencuci pakaian, menggunakan gunting, dan menyapu lantai saat perayaan Imlek. Selain itu, perlunya menghindari anak-anak yang sedang menangis.

Hal itu patut dihindari, karena menurut mitos China, seperti dikutip telegraph.co.uk, apabila tetap melakukan kegiatan-kegiatan itu di awal tahun baru Imlek, maka akan membawa sial dalam satu tahun penuh ke depan. 

Tahun baru China tahun ini jatuh pada 25 Januari 2020 dan berakhir pada 11 Februari 2021. Sementara perayaan tahun baru Imlek, atau yang dikenal sebagai Festival Musim Semi biasanya dimulai sehari sebelum tanggal Tahun baru China, lalu berlanjut sampai Festival Lentera atau hari ke-15 setelah pergantian tahun baru China.

Khusus untuk tahun tikus

Tak hanya larangan, ada juga wejangan yang berdampak positif untuk perayaan Imlek kali ini. Mereka yang lahir di tahun tikus ini, akan hoki dengan angka dua dan tiga. Sementara itu, warna keberuntungan mereka adalah biru, hijau, dan emas. Sedangkan bunga keberuntungannya, lili dan violet Afrika. Lalu arah keberuntungan mereka adalah barat, barat laut, dan barat daya. 

Dalam tradisi China, tikus melambangkan kekayaan, kecerdasan, kesuksesan dan kebijaksanaan. Sementara dalam filosofi Yin dan Yang, tahun tikus disimbolkan sebagai awal dari hari yang baru. 

Orang yang lahir di Tahun Tikus ini, dianggap sebagai orang yang pintar, optimis, dan disukai sama orang. Lebih spesifik, orang yang lahir di tahun ini dianggap lebih pandai beradaptasi dengan situasi baru, itu untuk pria.Sedangkan untuk yang wanita, mereka akan lebih peduli dan terorganisir. 

Tahun tikus juga disimbolkan dengan kejantanan karena dinilai punya kapasitas reproduksi yang kuat. Spesialis astrologi China menyarankan bahwa tahun ini adalah waktu yang tepat untuk melahirkan, karena unsur logam pada tahun ini melambangkan stabilitas dan umur panjang. Sehingga mereka yang lahir di tahun tikus logam ini cenderung menjalani kehidupan lebih stabil.