Uji Coba Perdana, Timnas U-19 Hadapi Tim Universitas Korsel
Timnas U-19 (Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional U-19 Indonesia akan menjalani uji coba perdana melawan tim universitas dari Korea Selatan, Kyung Hee University, Jumat, 24 Januari. Pertandingan mulai pukul 15.30 di Chiang Mai, Thailand.

Laga ini menjadi kesempatan bagi manajer pelatih Shin Tae-yong untuk melihat kemampuan anak-anak asuhnya yang sedang menjalani pemusatan latihan di Negeri Gajah Putih. Mereka menjalani beragam menu latihan di bawah pengawasan Tae-yong.

Melansir laman resmi PSSI, Ada kemungkinan Tae-yong menurunkan semua pemainnya dalam pertandingan tersebut secara bergantian. Kecuali, Saddam Gaffar dan Alfeandra Dewangga yang sedang mengalami cedera.

Amiruddin Bagas dan kawan-kawan rencananya akan menjalani lima sampai enam laga uji coba di sela pemusatan latihan di Thailand menghadapi tim asal Korea Selatan dan Thailand.

Sebelumnya, pada hari ketiga latihan, Kamis, para pemain menggunakan alat GPS Sport Vest yang tersemat di dada mereka. Ini merupakan inovasi teknologi hasil kerja sama Australian Institute of Sport (AIS) dan Cooperative Research Centres (CRC). 

“Dalam pemusatan latihan ini kami para pelatih menerapkan program untuk meningkatkan daya tahan fisik pemain, seperti yang saya katakan di awal saya menjadi pelatih tim nasional Indonesia, saya akan fokus disitu. Saya juga mendatangkan tim fisik dari Korea Selatan,” kata Tae-yong.

Secara garis besar, alat ini berguna untuk mengukur kemampuan seorang pemain dalam mengikuti sesi latihan. Dengan demikian, GPS Sport Vest dapat meningkatkan performa seorang pemain, meminimalisasi cedera, dan mendukung proses pemulihan cedera.

“Kami juga mengadakan tes fisik untuk para pemain. Hasilnya, cukup memuaskan. Akan terus ditingkatkan sepanjang pemusatan latihan di sini. Penggunaan GPS untuk tes fisik juga digunakan,” sambungnya.

Pada 2020, timnas U-19 akan mengikuti Piala AFF U-19, yang berlangsung di Indonesia tetapi waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Setelah itu, tahun berikutnya, mereka akan tampil di Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan pada 24 Mei-12 Juni 2021.