Jakarta Utara Paling Banyak Digenangi Air Hujan Pagi Ini
Hujan di Bundaran La Piazza Jakarta Utara (Twitter/@TMCPoldaMetro)

Bagikan:

JAKARTA - Jakarta diguyur hujan sejak pagi hari ini. Akibat curah hujan yang tinggi, sejumlah ruas jalan tergenang di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat. 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Jakarta Utara menjadi wilayah dengan ruas jalan yang paling banyak tergenang. 

Kawasan dengan genangan tertinggi berada di Kecamatan Cilincing, yakni Jalan Peralihan Sungai Begog, Komplek Dewa Kembar Semper Timur, Jalan Pedongkelan, dan Jalan Bulak Cabe. 

"Tinggi muka air antara 15 cm hingga 30 cm," kata Kepala BPBD DKI Subejo dalam keterangan tertulis, Jumat, 24 Januari. 

Kemudian, genangan di Jakarta Utara juga terjadi hingga ketinggian 25 cm pada kawasan Kampung Sawah, Jalan Arteri Marunda sisi Selatan, dan Jalan Parang Tritis Raya.

Lalu, genangan dengan ketinggian hingga 15 cm berada di Cilincing, Jakarta Utara, yakni di Jalan Madya Kebantenan, Jalan Madya Semper, Jalan Mahoni, Jalan Cilincing Bhakti, Jalan Cilincing Lama, dan Jalan Bhakti. 

"Genangan dengan ketinggian 15 cm juga berada pada Jalan Letjend Suprapto dan Underpass Gandhi, Jakarta Pusat. Sementara, di Jakarta Barat berada di RW 05 dan RW 12 Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng," ucap Subejo. 

Lebih lanjut, BPBD memprediksi masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga pukul 13.00 WIB. 

Sementara, belum ada tinggi muka air dengan status awas atau siaga I di seluruh pintu air pada pukul 10.00 WIB. Status siaga II berada di pintu air pasar ikan.

Kemudian, tinggi muka air di Katulampa, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pasanggrahan, Angke Hulu, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Pulo Gadung masih dalam status siaga IV atau normal.