Pembelaan Solskjaer atas Kritik Soal Cederanya Rashford
Ole Gunnar Solskjaer (Twitter @PurelyFootball)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari lalu tersiar kabar, striker Manchester United Marcus Rashford mengalami patah tulang punggung dalam pertandingan Piala FA melawan Wolves. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer pun dikritik banyak pihak.

Rashford yang berkebangsaan Inggris kemungkinan harus absen selama tiga bulan. Ia juga terancam tidak bisa ikut ke Euro 2020. Mantan striker Inggris dan Arsenal Ian Wright pekan ini mengatakan, Solskjaer di bawah tekanan kuat untuk meningkatkan kekayaan klub, memprioritaskan kepentingannya sendiri daripada kepentingan pemainnya.

United berada di tempat kelima di Liga Inggris, lima poin di belakang Chelsea yang berada di urutan keempat dalam perebutan jatah untuk Liga Champions mendatang. Tetapi manajer asal Norwegia itu bersikeras, Rashford cukup sehat untuk bermain dalam pertandingan Piala FA itu. Namun pemain pengganti berusia 22 tahun itu hanya bertahan 16 menit.

"Saya tidak pernah menempatkan kepentingan diri saya di atas kepentingan tim," kata Solskjaer, Selasa, 21 Januari. "Saya selalu menempatkan tim dan klub di atas hal lain," katanya seperti dikutip dari Soccerway.

"Marcus mengalami sedikit ketidaknyamanan di punggungnya sejak pertandingan lawan Burnley, dua pekan sebelum pertandingan ini (melawan Wolves).

"Kami sudah memindai, kami sudah memantaunya, tidak ada cedera di sana, hanya keluhan."

Solskjaer, yang timnya menjadi tuan rumah bagi Burnley di Liga Inggris hari Rabu, mengatakan bahwa saat itu telah berbicara dengan Rashford dalam persiapan pertandingan.

"Saya berbicara dengannya dua hari sebelumnya dan mengatakan kepadanya bahwa saya akan mengistirahatkannya," katanya. "Ia mengatakan merasa baik-baik saja dan sangat ingin tampil jika diperlukan, dia bisa melakukan setidaknya setengah jam seperti yang ingin kami lalui di Piala FA."

Solskjaer mengatakan dia tidak menyesal memasang striker bintangnya itu ke lapangan karena itu adalah bagian dari apa yang mereka lakukan untuk Man Utd.

"Setiap kali kita bermain, kita mempertaruhkan tubuh kita," ujar Solskjaer.

Kini yang paling memusingkan Solskjaer adalah bagaimana mengatasi masalah tanpa pencetak gol terbanyak andalannya itu saat mereka harus berjuang untuk finis di empat besar Liga Inggris.

Serangan United tampak lemah tanpa Rashford saat mereka dikalahkan Liverpool 2-0 pada hari Minggu. Anthony Martial dan Mason Greenwood adalah satu-satunya opsi yang untuk pertandingan melawan Burnley.