Melegendanya Queen yang Diabadikan dalam Koin Inggris
Koin Queen (royalmint.com)

Bagikan:

JAKARTA - Queen menjadi band pertama yang diberi penghormatan dalam bentuk koin Inggris. Serangkaian koleksi koin spesial ini dirilis oleh Royal Mint pada Senin, 20 Januari.

Penghormatan itu dilakukan setelah Royal Mail (jasa pos nasional) Inggris mengumumkan rencana untuk menandai peringatan ke-50 band ini dengan perangko yang akan diluncurkan pada Juli mendatang.

Koin itu dibuat oleh desainer Royal Mint, Chris Facey, penggemar berat band yang diawangi Freddie Mercury (vokal), Brian May (gitar), John Deacon (bass) dan Roger Taylor (drum).

"Kenangan pertama saya tentang Queen adalah mendengar Bohemian Rhapsody dalam film Wayne’s World, dan saya sudah menjadi penggemar berat sejak itu," katanya kepada ITV. 

Setiap koin menggambarkan detail alat musik band, termasuk tuts piano Mercury yang diberi penanda pada not pertama lagu Bohemian Rhapsody.

Gitaris Brian May mengatakan di situs webnya: "Ini adalah momen besar 'Siapa yang bisa membayangkannya?' Bagi kami. Ketika kami memulai sebagai Queen, bahkan anak tangga pertama yang kami lihat pun tidak  terjangkau. Untuk membuat band kami dikenal dan musik kami dirayakan dengan cara ini sangat menyentuh, suatu kehormatan yang nyata."

"Luar biasa, semua ini menghebohkan band kami," kata drummer Roger Taylor. "Saya merasa sepenuhnya menghabiskan waktu saya dengan tidak sia-sia."

Meskipun koin-koin ini tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah, mereka disajikan dalam serangkaian opsi dan harga. Lebih jelasnya bisa dilihat di royalmint.com.