Kepala BIN Budi Gunawan Pimpin PB eSports Indonesia

Kepala BIN Budi Gunawan Pimpin PB <i>eSports</i> Indonesia

Ilustrasi esports (dife88/PIxabay)

Bagikan:

JAKARTA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), secara resmi mendirikan Pengurus Besar eSports Indonesia atau disingkat PB ESI. Nantinya organisasi ini akan menjadi wadah bagi asosiasi serta atlet demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik itu di kancah internasional.

PB ESI dipimpin oleh Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan selaku Ketua Umum PB eSports. Nantinya kepengurusan PB ESI akan dibagi ke dalam beberapa komite seperti kompetisi, inovasi, kompetisi dan lain-lain. 

"Pelantikan ini merupakan momentum untuk membangun eSports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membawa kemajuan bangsa di berbagai sektor," ujar Budi dalam sambutannya saat pelantikan PB eSports Indonesia.

Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu juga mengatakan pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur eSports agar lebih jelas dan terarah sehingga bisa lebih banyak menorehkan prestasi di tingkat internasional.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, ketika eSports untuk pertama kalinya menjadi salah satu cabang resmi yang dipertandingkan, kontingen Indonesia sukses menyumbangkan dua medali perak.

Budi berharap prestasi itu dapat terus ditingkatkan pada kejuaraan lain terutama Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024. Di mana cabang eSports dipastikan akan dipertandingkan kompetisi olahraga tersebut.

Untuk itu ada beberapa hal utama yang akan langsung dikerjakan PB ESI. Mulai dari penyusunan regulasi bagi para atlet eSports Indonesia, hingga mempersiapkan pusat latihan.

"PB eSports harus mampu menghadapi tantangan dan kendala, dan kita punya PR yang harus diselesaikan, salah satunya pembangunan eSports training center yang berstandar internasional," katanya menambahkan.

Pelantikan kepengurusan PB ESI ini dihadiri perwakilan dari 23 tim eSport nasional, asosiasi eSport serta kementerian dan lembaga terkait. Di mana musisi dan politisi Giring Ganesha didapuk menjadi Wakil Ketua Humas dan Komunikasi.

Dilantiknya PB ESI pun disambut positif oleh pemerintah. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berharap adanya kepengurusan ini bisa membantu Indonesia untuk mengirimkan kontingen eSport di gelaran Olimpiade Paris 2024 mendatang.

"Itulah sebabnya pemerintah menyambut baik upaya ini dan mengapresiasi komitmen membangun eSport menjadi olahraga yang menjadi kebanggaan kita," kata Zainudin di kesempatan yang sama.

"Apalagi diinformasikan Olimpiade 2024 di Paris nanti eSport akan jadi salah satu olahraga yang dipertandingkan," pungkasnya.

Tag: e-Sport