Puasnya Shin Tae-yong dengan Peningkatan Stamina dan Fisik Pemain U-19
Seleksi tim nasional U-19 (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Stadion Wibawa Mukti, Cikarang menjadi saksi terpilihnya 28 pemain yang akan dibawa ke Thailand untuk menjalani pemusatan latihan. Pada hari terakhir dari rangkaian proses seleksi tim nasional Indonesia U-19, Jumat, 17 Januari, pelatih kepala timnas senior Shin Tae-yong mengungkap hal tersebut.

Tapi, mengenai siapa saja pemain yang terseleksi untuk masuk timnas Indonesia U-19, Tae-yong mengatakan akan diumumkan satu hari setelah hari ini.

“Belasan pemain sebelumnya sudah dipulangkan, karena ada indikasi cedera dan tidak ingin mereka terkena kembali, sisanya yang ada saat ini, saya ingin lebih meyakinkan diri agar bisa memilih mereka dengan baik," kata Tae-yong seperti dilansir dari laman resmi PSSI. 

"Ada 28 pemain nanti yang akan dibawa ke Chiang Mai. Tadinya saya akan seleksi 30 orang, namun saat ini saya dapatkan 28 pemain. Siapa saja pemainnya, bisa diketahui sehari setelah ini, melalui website PSSI,” lanjutnya.

Meski ada dua pemain yang dicoret, Tae-yong --yang sejak hari pertama terus memantau seleksi-- mengungkap, para pemain mengalami peningkatan kondisi stamina dan fisik yang baik.

“Jadi sejak mulai latihan pertama hari Senin, pemanasan saja setelah itu pertandingan dilakukan setiap hari secara terus-terusan. Saya melihat setiap posisi kemampuan individu pemain berbeda-beda,” jelas Tae-yong.

“Sebelum dan sesudah melihat pemain, pemikiran saya berbeda. Setelah bersama saya, kemampuan mereka sangat bagus dari hari pertama hingga saat ini, mengalami peningkatan di segi kemampuan, stamina dan fisik mereka,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebanyak 54 pemain kelahiran 2001 dan 2002 mengikuti seleksi timnas U-19  di Stadion Wibawa Mukti dari 13 sampai 17 Januari. Seluruh 28 pemain yang lolos seleksi akan berangkat ke Negeri Gajah Putih pada 20 Januari 2020.

Pada tahun ini, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Setelah itu, Garuda Nusantara bersiap tampil pada Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas senior, Tae-yong juga membantu supervisi timnas U-16, U-19, dan U-23. Tae-yong dan asistennya berkolaborasi dengan pelatih nasional yang ditunjuk PSSI.