Segala Cerita tentang Film Si Manis Jembatan Ancol

Segala Cerita tentang Film <i>Si Manis Jembatan Ancol</i>

Si Manis Jembatan Ancol (MVP Pictures)

Bagikan:

JAKARTA - Produktivitas Anggy Umbara berlanjut. Setelah merilis Satu Suro dan Mendadak Kaya, Anggy kembali dengan karya terbaru, Si Manis Jembatan Ancol.

Dalam konferensi pers, Kamis (31/10/2019), Anggy beserta produser dan pemain film Si Manis Jembatan Ancol

menghadirkan trailer eksklusif serta poster perdana. Bertempat di XXI Epicentrum, Kuningan, mereka juga menceritakan proses dan kesan bermain di dalam film ini.

Si Manis Jembatan Ancol adalah sinetron yang populer di tahun 1993. Sinetron tersebut dibintangi oleh Diah Permatasari dan Ozzy Saputra. Di musim keduanya, pemeran Si Manis digantikan oleh Kiki Fatmala.

Sinetron ini merupakan turning-point dari karier ketiganya. Namun, jauh sebelum itu, Si Manis Jembatan Ancol dihadirkan dalam versi layar lebar. Film rilisan 1973 itu dibintangi Lenny Marlina dan Farouk Afero.

Meski menjadi adaptasi dari dua karya sebelumnya --terutama film 1973 yang memengaruhi garapan film Anggy, Anggy menjanjikan Si Manis Jembatan Ancol garapannya akan berbeda.

Terkait pemeran sosok Si Manis, Anggy mengaku telah lama mengincar Indah Permatasari. Maka, ketika Indah menyelesaikan syuting proyek yang lain, Indah langsung diminta oleh Anggy untuk memerankan Si Manis alias Mariam.

Indah Permatasari sebagai Si Manis (MVP Pictures)

 

Produksi

Produksi Si Manis Jembatan Ancol sempat ditunda karena kecelakaan yang menimpa Anggy beberapa bulan lalu. Karena itu, Anggy dibantu oleh adik kandungnya, Bounty Umbara untuk mengarahkan film.

Tak hanya di kursi sutradara. Masalah lain juga dialami Indah Permatasari. Menurut Indah, ia hanya memiliki sedikit waktu untuk mendalami sekaligus membangun karakter Maryam.

“Kesempatannya last minute untuk membangun karakter Maryam. Jadi, sebisa mungkin memanfaatkan waktu. Sangat berterima kasih kepada bang Anggy untuk kesempatannya,” tutur Indah.

Selain Indah, Si Manis Jembatan Ancol juga akan diperkuat oleh Arifin Putra. Pemeran Rumah Dara, The Raid 2, dan serial HBO Halfworlds itu memerankan Roy, suami Maryam.

Arifin Putra dalam perannya sebagai Roy (MVP Pictures)

 

Seperti Indah, Arifin juga mengaku alami masalah. Arifin mengaku starstruck dengan sosok Ozzy Saputra yang ikut bermain dalam film. Ada ketertarikan yang Arifin rasakan terhadap kebintangan Ozzy di masa lampau.

“Aku tahu serial ini sedikit dan tahu ada Ozzy Saputra. Tapi kan bang Ozzy memerankan peran yang berbeda di sini. Jadi agak lucu sih. Prosesnya menarik dan seru,” kata Arifin.

Tidak hanya Arifin Putra dan Indah Permatasari. Si Manis Jembatan Ancol menghadirkan beberapa komika sebagai pemeran pendukung. Ebel, misalnya yang menjadi anak buah Ozi --sosok yang diperankan Ozzy.

“Senang sekali. Ini pertama kalinya saya bermain film,” kata Ebel.

Penampilan para pemain pendukung (MVP Pictures)

 

Pertalian dengan versi '73

Anggy Umbara menuturkan bahwa ia tertarik menyambungkan film ini dengan versi tahun 1973 karena pesan moral yang disampaikan dalam film terdahulu.

Menurut Anggy, film 1973 menjelaskan dengan tegas tentang hak-hak wanita untuk bahagia yang direnggut. Anggy melempar pertanyaan, apa kita sudah cukup baik dalam memperlakukan wanita?

Hal menarik lain terungkap. Konon, Anggy yang mengaku terpengaruh dengan film versi 1973, ia justru melarang para pemain menonton film versi lampau tersebut. Alasannya, Anggy ingin para pemain tampil tanpa beban.

Konferensi pers Si Manis Jembatan Ancol (Tarida/VOI)

 

Di sisi strategi, co-produser Amrit Punjabi mengungkap alasan akhir tahun sebagai waktu penayangan Si Manis Jembatan Ancol. “Karena itu waktu liburan dan waktu luang," katanya.

"Persaingan antarfilm selalu ada, sih. Tapi kita pede dengan produk kita. Kita berharap untuk membuat masyarakat aware untuk memberikan hiburan,” tambah dia.

Trailer Si Manis Jembatan Ancol sudah bisa Anda saksikan lewat kanal Youtube MVP Pictures ID. Film Si Manis Jembatan Ancol sendiri akan tayang mulai 26 Desember 2019. (Tarida Angelina/VOI)

Tag: Film