Barcelona Kalahkan Real Madrid di Puncak Daftar Pendapatan Tertinggi

Barcelona Kalahkan Real Madrid di Puncak Daftar Pendapatan Tertinggi

Barcelona vs Real Madrid (Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA -  Barcelona mengangkangi Real Madrid sekaligus memimpin daftar pendapatan tertinggi klub-klub di dunia. Tidak ada yang dapat menyentuh klub Catalan, yang berpenghasilan lebih dari siapa pun, bahkan klub-klub besar Liga Premier. 

Melansir Marca, Rabu, 15 Januari, Barcelona untuk pertama kalinya naik ke puncak Deloitte Football Money League, yang menghitung pemasukan musim 2018/19 minus transfer pemain. Los Blaugarana meraih rekor penghasilan sebesar 840,8 juta euro, 21,7 persen lebih besar dari musim lalu.

Mereka juga mencatat rekor dalam hal selisih pendapatan dengan Real Madrid yang duduk di posisi kedua, dengan 83,5 juta euro. Meski meski kehilangan posisi puncak, Los Blancos mengalami peningkatan 0,9 persen menjadi 757,3 juta euro.

Di belakang mereka ada Manchester United dengan 711,5 juta euro. Sementara Bayern Munich dan Paris Saint-Germain melengkapi posisi lima besar.

Atletico Madrid berada di posisi ke-13, di antara Borussia Dortmund di urutan ke-12 dan Inter di urutan ke-14. Los Rojiblancos meraih pendapatan 367,6 juta euro, naik 20,7 persen dari tahun lalu.

Daftar Deloitte Football Money League (Marca)

Perwakilan Delchaitte, Concha Iglesias menjelaskan, meskipun kinerja di lapangan penting, manajemen komersial dan keuangan Real Madrid dan Barcelona juga menjadi pembeda. Ini harus menjadi referensi untuk nama-nama besar Eropa dan sepak bola dunia lainnya. 

Sorotan lainnya tertuju pada kemajuan Valencia. Mereka bergerak ke posisi 26 dengan penghasilan 184,7 juta euro.