Restu Ratu Elizabeth II untuk Pangeran Harry dan Meghan Keluar dari Kerajaan
Harry dan Meghan (Foto: Instagram @sussexroyal)

Bagikan:

JAKARTA - Ratu Elizabeth II memberikan restunya terkait keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang memilih keluar dari anggota kerajaan dan mandiri secara finansial.

Dilansir dari The Guardian, Rabu 15 Januari, setelah pertemuan di Sandringham, langkah Harry dan Meghan selanjutnya belum diketahui. Namun Ratu Elizabeth mengingatkan, meski pasangan tersebut keluar dari anggota kerajaan, mereka harus ingat bahwa Harry dan Meghan tetap bagian dari keluarga sang Ratu. 

“Keluarga saya dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda. Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga, mereka tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya," ujar Ratu Elizabeth II, melalui sebuah rilis. 

Pernyataan yang disampaikan Ratu tersebut terdapat suatu hal yang tidak biasa. Ratu kini tidak lagi menyebut mereka berdua sebagai Duke and Duchess of Sussex, melainkan langsung menyebut nama depan mereka, Harry dan Meghan. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah kerajaan tidak akan mempertahankan gelar mereka di masa depan.

Pertemuan yang dilakukan pada Senin 13 Januari, merupakan yang pertama kalinya sejak Harry dan Meghan mengundurkan diri dari keluarga kerajaan. Meghan bergabung dengan pertemuan tersebut melalui panggilan konferensi dari Kanada. 

"Ini adalah masalah rumit yang harus diselesaikan keluarga saya dan ada beberapa hal yang harus dilakukan, tetapi saya telah meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang," tambah Ratu.  

Selain ingin mandiri secara finansial, Harry dan Meghan juga ingin melanjutkan kegiatan amal yang selama ini mereka lakukan. Pihak Istana sempat kecewa atas pengumuman pasangan itu. Hal tersebut dikarenakan pengumuman dibuat tanpa konsultasi dengan siapa pun, baik dengan Ratu, Pangeran Charles, maupun Pangeran William.