Mobil Rusak Terdampak Banjir Bisa Pulih dalam Tiga Hari

Mobil Rusak Terdampak Banjir Bisa Pulih dalam Tiga Hari

Mobil terendam banjir. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak mobil-mobil terendam saat banjir di Jabodetabek pada awal Januari 2020 lalu. Otomatis, para pemilik mobil harus segera memperbaikinya dengan membawa ke bengkel.

Bagi yang mempunyai asuransi, tentu hal tadi akan terasa lebih ringan. Selain karena dana yang dikeluarkan lebih sedikit, pengerjaan mobil juga terbilang lebih cepat.

Salah satu perusahaan asuransi, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk atau Adira Insurance kembali membuktikan komitmen kecepatan proses klaim dengan menyelesaikan unit mobil yang terdampak banjir di Jabotabek awal tahun ini. Hanya dalam waktu tiga hari, kerusakan mobil dapat diperbaiki dan diberikan langsung kepada pelanggan.

Direktur Utama Adira Insurance Julian Noor mengatakan, perusahaan berusaha memperbaiki mobil dari klaim yang diajukan secepat-cepatnya setelah semua syarat terpenuhi. “Tidak hanya itu, tentunya kami juga ingin membantu meringankan beban masyarakat sekaligus pelanggan kami yang tertimpa musibah banjir,” tutur Julian dalam keterangan tertulisnya, Selasa 14 Januari.

Hal ini senada dengan imbauan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk segera memproses penanganan klaim. “Untuk menyelesaikan kerusakan ringan kami bisa dalam waktu 3-4 hari. Tapi mengingat kondisi mobil yang rusak akibat bencana banjir ini, kami menyelesaikan mobil ini dalam waktu 3 hari. Namun untuk kerusakan berat, kami memang membutuhkan proses perbaikan yang cukup detail, karena hal ini berhubungan dengan mesin dan rendaman air,” ucap Julian.

Bagi pelanggan yang ingin mengajukan klaim asuransi mobil cukup menggunakan Autocillin Mobile Claim Application (AMC), aplikasi khusus untuk pengajuan klaim asuransi mobil pertama di Indonesia milik PT Asuransi Adira Dinamika Tbk Pelanggan cukup isi data diri dan upload foto kerusakan.

“Kami ingin memberikan pelayanan klaim terbaik bagi Pelanggan. Karena asuransi itu rohnya berada di penanganan klaimnya, jadi klaim kami harus yang paling cepat dan responsif. Proses klaimnya mudah, penyelesaiannya cepat. Itu Adira Insurance,” ungkap Julian.

Julian menambahkan bagi pelanggan yang ingin mengajukan permintaan evakuasi dapat menggunakan AMC dengan cara klik fitur panic button. Sesaat kemudian, pelanggan akan dihubungi oleh Adira Care untuk follow up lokasi dan kondisi mobil. Tim Autocillin Rescue akan segera mengevakuasi mobil pelanggan.

“Setiap tahunnya, kami selalu menyiapkan Tim Autocillin Rescue untuk tanggap bencana terutama saat musim penghujan. Tim Autocillin Rescue akan siap 24 jam untuk memberikan pertolongan kepada pelanggan yang terkena bencana. Namun untuk Pelanggan yang membutuhkan evakuasi tidak perlu datang ke kantor cabang cukup menggunakan AMC atau bisa juga menghubungi Adira Care,” ucap Julian.

Dari 1-9 Januari 2020, Tim Autocillin Rescue telah menyelesaikan permintaan evakuasi lebih dari 200 mobil. “Dengan kondisi yang masih belum kondusif ini, Tim Autocillin Rescue berhasil mengangkut ratusan mobil untuk membantu meringankan beban masyarakat akan bencana banjir. Pelanggan juga tidak perlu khawatir karena layanan Autocillin Rescue ini didapatkan secara gratis,” ungkap Julian.

Namun Julian mengingatkan kepada pelanggan, mobil yang terdampak banjir ini agar diperiksa terlebih dahulu isi polisnya. Apakah di dalamnya sudah ditambah jaminan perluasan akan risiko banjir. Jika sudah ada tambahan perluasan, maka pelanggan tidak perlu khawatir karena mobilnya akan ditanggung perusahaan asuransi.