Penjelasan Polisi Soal Kabar Viral Penculikan Anak di Bekasi

Penjelasan Polisi Soal Kabar Viral Penculikan Anak di Bekasi

Ilustrasi kabar viral (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Beredar sebuat pesan berantai layanan pesan instan WhatsApp, menceritakan tentang seorang pria yang diduga menculik anak di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Dalam narasinya itu, pelaku disebut-sebut menculik korbannya dengan cara memasukkannya ke dalam karung. 

Dikonfirmasi mengenai pesan berantai itu, Kapolres Metro Bekasi Kombes Wijonarko menyebutkan jika informasi itu tidaklah benar. Dia memastikan itu setelah melakukan penyelidikan di lapangan. 

"Sudah dicek ke lokasi TKP dan ternyata tidak benar. Tapi memang ada insiden kecil yang membuat kepanikan dan memancing perhatian warga sekitar," kata Wijonarko kepada VOI.

Menurutnya, insiden salah paham itu terjadi lantaran kejadian seorang pria dengan gelagat mencurigakan yang mondar-mandir di sekitar perumahan warga. Kejadian itu terjadi di Jalan Beringin IV, RT04/03, Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, pada Minggu, 12 Januari.

Salah seorang warga merasa khawatir dengan gelagat mencurigakan orang tersebut. Apalagi, pria tersebut seperti mengawasi anak-anak yang sedang bermain di luar rumah. Peristiwa itu pun memancing perhatian warga untuk menghakimi orang mencurigakan tersebut. 

Usai ditangkap, pria yang belakangan diketahui berinisial N itu sempat diintrograsi warga atas dugaan penculikan. Setelahnya, dia dibawa ke Polres Metro Bekasi Kota. 

Dari hasil pemeriksaan ini, informasi terkait penculikan yang tersebar di WhatsApp itu merupakan kabar hoaks.

"Tidak ada penculikan. Masing-masing pihak sudah dipertemukan dan buat pernyataan (tidak membawa kejadian itu ke ranah hukum)," tandas Wijonarko.

Berikut isi pesan berantai itu:

Kronologisnya si anak habis makan lalu maen di depan rumahnya tiba-tiba udah ga ada keberadaannya, lalu ibu si anak mencarinya sehingga keadaan menjadi ramai, ada seorang ibu-ibu bawa karung dengan jalan tergesa-gesa sehingga menjadi kecurigaan para warga, pas ternyata benar saja anak tersebut sudah berada di karung yang dibawa si ibu tersebut, karna anak yg di dlm karung tersebut bergerak sehingga para warga mengejar dan si pelaku membuang karung yang berisi anak tersebut, demi menyelamatkan dirinya tetapi karna warga begitu banyak sehingga pelaku tertangkap dan diinterogasi oleh warga setempat.disaat mau di bawa ke polsek kranji lalu si ibu pelaku tersebut menunjuk se orang bapak yg sudah menunggu di kendaraan klo dia merupakan rekan nya sehingga dengan segera di kepung oleh warga dan di bawa ke polsek

Diberitahukan kepada seluruh warga kranji yang memiliki anak kecil harap berhati hati tadi telah terjadi penculikan anak di wilayah rt.04 rw.03 dan tadi penculik nya tertangkap dan pelaku berjumlah 2 orang yg 1 perempuan sebagai penculiknya 1 lagi yang menunggu di jalan dengan memakai kendaraan.sekarang ini pelaku sudah berada di polsek kranji.demikian informasi saya sampaikan.sekali lagi harap berhati hati bagi rekan rekan yang memiliki anak kecil harap di pantau saat bermain di lingkungannya.