Ajax Sambut Kembalinya 'Si Anak Hilang' Ryan Babel

Ajax Sambut Kembalinya 'Si Anak Hilang' Ryan Babel

Ryan Babel menjalani tes medis di Ajax (Twitter @AFCAJax)

Bagikan:

JAKARTA - Ryan Babel 'pulang kampung' ke klub Eredivisie, Ajax Amsterdam. Penyerang veteran Belanda itu kembali ke tim yang membesarkan namanya dengan status pinjaman dari Galatasaray sampai akhir musim 2019-2020.

Ajax mengumumkan kepastian bertambahnya amunisi mereka melalui akun resmi mereka pada Minggu, 12 Januari dini hari. Kedatangannya ke Johan Crujff Arena menjadi yang ketiga kalinya bagi mantan pemain Liverpool tersebut.

Sebelum memutuskan kembali ke Ajax, Newcastle United disebut-sebut menginginkan tanda tangan Babel. Bahkan santer diberitakan bahwa peluang kembali ke Inggris terbuka lebar.

Melansir media-media Turki via Soccerway, alasan Galatasaray meminjamkan bekas pemain nasional Belanda itu, karena Galatasaray telah memiliki penggantinya. Mereka baru meminjam Henry Onyekuru dari klub Ligue 1 AS Monaco.

Babel merupakan produk akademi Ajax dan menjelma sebagai 'Wonderkid' pada masanya. Ia kemudian pindah ke Liverpool pada musim 2006/07 dan bertahan di Anfield selama empat musim.

Setelah di Liverpool kariernya mulai meredup, ia memutuskan hijrah ke Bundesliga bergabung dengan Hoffenheim. Hanya bertahan satu musim, Babel pulang ke tempat kelahirannya Ajax pada musim 2012-2013.

Bersama Siem de Jong dkk, Babel berhasil membawa Ajax juara. Tapi bulan madu kedua bersama de Amsterdamers juga tak bertahan lama, ia secara mengejutkan menerima pinangan klub kasta kedua Liga Turki, Kasimpasa.

Dua musim di Turki, ia kemudian malang-melintang hijrah dari satu negara ke negara lain. Babel bergabung dengan Al Ain di Liga Uni Emirat Arab, kemudian memperkuat Deportivo La Coruna di Spanyol.

Tak lama di Spanyol, ia menjadi bagian dari Besiktas pada musim 2016-2017. Pada musim berikutnya ia kembali ke Inggris memperkuat Fulham, namun performanya sudah tidak seperti dulu lagi.

Setahun kemudian ia kembali ke Turki untuk bergabung dengan rival klub terdahulunya, Galatasaray. Setelah mengembara ke berbagai klub, kini si anak hilang itu telah pulang.