Sinergisitas Shin Tae-yong dengan Pelatih Lintas Level yang Dinanti Penggemar
Pelatih baru timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih baru tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong memulai program kepelatihan untuk tim nasional dengan menggelar rapat koordinasi dan membentuk struktur dan personal timnas senior, timnas U-23, timnas U-19 dan timnas U-16 di kantor PSSI, Kamis, 9 Januari kemarin.

Selanjutnya, pelatih asal Korea Selatan ini akan memantau seleksi pemain timnas U19 yang akan dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, mulai Senin pekan depan.

Melansir laman resmi PSSI, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule menjelaskan, selain tim nasional U19, Tae-yong juga akan membantu supervisi timnas U16 dan timnas U23. Tae-yong dan asistennya akan berkolaborasi dengan pelatih nasional yang ditunjuk PSSI.

Dalam pernyataannya, Iwan Bule mengatakan, timnas senior dipimpin langsung oleh Tae Yong, dibantu Indra Sjafri dan Kim Hae Woon (pelatih kiper). Sementara timnas U-23 akan dipimpin Indra Sjafri bersama Kim Woo Jae, timnas U-19, PSSI memercayakan kepada Gong Oh Kyun dan Nova Arianto, dan timnas U-16 dipimpin Bima Sakti. Adapun pelatih fisik, Lee Jaehong.

Sinergi dan kolaborasi tim kepelatihan ini diharapkan bisa berjalan dengan baik. “Semua pelatih dan stafnya juga sudah berkomitmen untuk bekerja secara penuh di kantor PSSI. Dengan demikian koordinasi, komunikasi dan diskusi bisa dilakukan secara efektif,” Iriawan menjelaskan.

Sementara itu, pelatih Indra Sjafri mengaku siap bekerja sama degan Tae yong. Selain punya pengalaman di Piala dunia, banyak hal lain yang bisa ia dan tim pelajari dari sang pelatih.

"Sebaliknya, saya pun akan mengerahkan semua kemampuan saya untuk membangun timnas,” kata Indra.

Untuk seleksi timnas U19, PSSI mengundang sebanyak 52 pemain. Proses seleksi akan berlangsung sampai tanggal 18 Januari 2020. Dari 52 pemain yang diseleksi, PSSI hanya memilih 30 pemain. Selanjutnya, mereka akan menjalani pemusatan latihan di Thailand dari tanggal 20 Januari sampai 2 Februari. Selama di Thailand, tim juga akan malakukan pertandingan uji coba.

PSSI resmi memperkenalkan pelatih baru tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong 28 Desember lalu di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Pada sesi perkenalan kepada media, Iwan Bule didampingi Wakil Ketua Umum, Iwan Budianto dan Sekjen, Ratu Tisha Destria. 

Pelatih baru tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong (PSSI)

Prosesi pengenalan Tae-yong dimulai dengan sesi penandatanganan kontrak kedua pihak. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolis jersey dan jacket Timnas Indonesia, dan konferensi pers.

Iriawan saat itu mengatakan, finalisasi kontrak telah selesai dilaksanakan dan Tae-yong akan menjalankan projek jangka panjang dengan durasi kerja sama selama empat tahun.

"Shin Tae-yong telah dipilih Komite Eksekutif PSSI dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari Departemen Teknik PSSI serta sejumlah pelatih. PSSI ingin membangun tim nasional yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu saja tidak dilakukan secara instan, namun terukur dengan program kepelatihan yang disusun tim pelatih," kata Iriawan.

Tae-yong merupakan pelatih yang pernah membawa Korea Selatan ke Piala Dunia 2018 bahkan saat itu sanggup mengalahkan raksasa sepak bola dunia Jerman 2-0. Ia juga punya pengalaman membawa klub menjadi juara di Liga Champions Asia. Semasa menjadi pemain, Tae-yong juga banyak menorehkan sejumlah prestasi.

"Tantangan terdekat untuk coach Shin, yakni menjalani sisa laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Kita harapkan Timnas bisa bisa meraih hasil positif melawan Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Setelah itu ia juga harus mempersiapkan timnas Indonesia untuk Piala Suzuki AFF di semester kedua tahun ini," jelas Iriawan.