Kabar Baik dari Studio Ghibli yang Bakal Rilis 2 Film Baru
Ilustrasi Studio Ghibi (Twitter @ItsGhibli)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan animasi film Jepang, Studio Ghibli, mengonfirmasi sedang mengerjakan dua film baru. Pengumuman ini disampaikan melalui pesan tahun baru yang diunggah lewat situs mereka. 

Dengan memasang gambar tikus karya pendiri Ghibli, Hayao Miyazaki, sebagai lambang shio tahun 2020 mereka juga mengumumkan theme park pertama di Nagakute pada tahun 2022. Selain itu, ada juga konfirmasi terkait Nausicaä of the Valley of the Wind yang diadaptasi menjadi musikal kabuki.

Tapi, kabar yang paling membuat penggemar bergembira adalah bakal dibuatnya film Kimi-tachi wa Dō Ikiru ka (How Do You Live?). Diadaptasi dari novel berjudul sama terbitan 1937 karya Genzaburō Yoshino, fitur fantasi ini akan disutradarai oleh Miyazaki yang sempat memutuskan untuk pensiun di tahun 2016. 

Pada Oktober lalu, Toshio Suzuki selaku produser Studio Ghibli sempat menyatakan proses penggarapan Kimi-tachi wa Dō Ikiru ka (How Do You Live?) sudah 15 persen setelah tiga setengah tahun diproduksi. Miyazaki juga menyutradarai satu menit animasi setiap bulannya tanpa deadline sehingga mereka tidak bisa memastikan kapan film tersebut bakal dirilis.

Film yang bercerita mengenai kehidupan manusia ini awalnya bakal dilepas tahun ini saat Summer Olympics di Tokyo. Namun konsep perfeksionis Miyazaki juga patut dihormati sehingga perilisan resminya masih harus menunggu waktu.

Dalam ucapan resminya, Studio Ghibli menuliskan “Bencana seperti topan dan hujan lebat di Jepang terus berlanjut, dan sangat menyakitkan untuk berpikir bahwa ada banyak orang yang dipaksa untuk memiliki kehidupan yang sulit bahkan saat ini.”

"Kami dengan tulus memberi selamat kepada mereka yang terkena dampak kerusakan dan berharap untuk segera membangun kembali kehidupan mereka."

Walaupun film terbaru ini akan dirilis di satu waktu antara tahun 2021 hingga 2022, Studio Ghibli memberi kepastian akan tersedianya semua film mereka dalam layanan over the top (OTT) streaming mulai April mendatang. Castle in the Sky, My Neighbor Totoro, serta When Marnie Was There yang dirilis pada 2014 adal beberapa di antaranya.