Perusahaan Asuransi Harus Lebih Proaktif Tangani Proses Klaim Terdampak Banjir
Mobil terendam banjir. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mendorong perusahaan asuransi lebih proaktif dalam menangani proses klaim dari nasabah terdampak banjir yang melanda sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

"Perusahaan asuransi supaya melakukan respon cepat dengan proaktif terkait risiko banjir ini," kata Direktur Eksekutif AAUI Dody Dalimunthe di Jakarta, Jumat 3 Januari.

Dody juga mendorong perusahaan asuransi umum untuk mendata semua tertanggung yang terdampak banjir agar mudah dihubungi. Terkait dengan kesiapan perusahaan asuransi umum menangani klaim bencana alam, ia menyebut sudah banyak perusahaan melakukan antisipasi dengan membuat pengumuman mengenai langkah-langkah dalam pengajuan klaim.

"Mereka juga menyebutkan call center yang bisa dihubungi," katanya.

AAUI menyebutkan asuransi terkait harta benda atau properti dan kendaraan bermotor merupakan pangsa pasar industri asuransi umum paling banyak.

AAUI, lanjut dia, mengimbau masyarakat pemegang polis asuransi properti dan kendaraan bermotor yang jadi korban banjir memastikan kembali bahwa polis memiliki perluasan risiko banjir.

Perluasan risiko banjir, kata dia, dilakukan dengan melekatkan klausula 4.3 untuk asuransi properti dan klausula KBM 12 untuk kendaraan bermotor.

Ia juga mengimbau tertanggung asuransi properti yang dijamin perluasan banjir, agar melakukan langkah preventif seperti menyelamatkan barang yang masih bisa diselamatkan untuk mengurangi kerusakan.

Sedangkan untuk asuransi kendaraan bermotor yang dijamin perluasan banjir, ia mengimbau untuk tidak memaksakan menyalakan kendaraan yang terendam banjir karena membuat kerusakan mesin semakin parah.

"Diharapkan untuk segera mengajukan klaim ke perusahaan penerbit polis untuk dapat segera dibawa ke bengkel dengan mobil derek," katanya.

Hingga saat ini, nilai kerugian masih menunggu laporan klaim dari semua perusahaan asuransi umum dengan angka yang belum final dan masih terus berkembang karena proses identifikasi dan verifikasi dalam proses.

Data dari AAUI yang dikumpulkan berdasarkan kinerja periode Januari-September 2019 mencatat asuransi harta benda dan kendaraan bermotor berkontribusi 50 persen pangsa pasar premi, masing-masing sebesar 26 persen dan 24 persen.

Sebagai gambaran, untuk realisasi klaim asuransi harta benda pada periode Januari-September 2019 mencapai Rp4,73 triliun atau naik 17,1 persen sebesar Rp691 miliar dari periode sama tahun 2018 yang mencapai Rp4,04 triliun.

Sedangkan realisasi klaim asuransi kendaraan bermotor selama sembilan bulan 2019 mencapai Rp6 triliun atau naik 5,5 persen sebesar Rp314 miliar dibandingkan periode sama tahun 2018 yang mencapai Rp5,68 triliun.

Selama periode Januari-September 2019, total klaim asuransi umum yang dibayar mencapai Rp25,8 triliun atau naik 28,8 persen jika dibandingkan periode sama tahun 2018. Dari jumlah itu, kontribusi klaim dibayar untuk asuransi harta benda mencapai 18,3 persen dan asuransi kendaraan bermotor mencapai 23,3 persen.