28 Pelatih yang Dipecat di 5 Liga Top Eropa
Mouricio Pochettino (Twitter @PremierLeague)

Bagikan:

JAKARTA - Musim 2019/20 baru setengah jalan. Tapi pelatih yang dipecat di lima liga top Eropa sudah 28 orang. Pada titik ini di musim lalu, hanya 23 pelatih yang kehilangan pekerjaan mereka, atau 18 persen lebih sedikit dari musim ini.

Yang paling tidak mengherankan dari jumlah tersebut, Serie A memimpin daftar pemecatan pelatih dengan sembilan orang. Berikut detailnya.

Serie A

Sepak bola Italia memang dikenal sebagai kompetisi yang tidak pernah memberikan umur panjang kepada para pelatihnya. Tetapi musim ini, presiden klub memiliki peran lebih besar dari biasanya dalam pemecatan para juru racik.

Eusebio Di Francesco adalah yang pertama kehilangan pekerjaannya di Sampdoria pada 7 Oktober. Sementara Thiago Motta menjadi yang paling baru setelah ia dipecat Genoa, sekaligus menjadi pemecatan kedua klub musim ini setelah Aurelio Andreazzoli.

Selanjutnya ada nama Marco Giampaolo yang dipecat AC Milan, Igor Tudor oleh Udinese, Eugenio Corini dan Fabio Grosso dari Brescia, Carlo Ancelotti dari Napoli dan Vincenzo Montella di Fiorentina.

Vincenzo Montella (Twitter ACFiorentina)

Liga Premier

Pemecatan pelatih Liga Inggris musim ini meningkat dengan laju yang tidak terduga. Enam pelatih sudah kehilangan jabatannya. Ini dua kali lebih banyak dari musim lalu pada titik yang sama.

Watford menjadi yang pertama ketika mereka mengucapkan selamat tinggal kepada Javi Gracia pada 7 September. Kemudian ada nama Mauricio Pochettino (Tottenham), Unai Emery (Arsenal), Quique Sanchez Flores (Watford), Marco Silva (Everton) dan Manuel Pellegrini (West Ham).

Unai Emery (Twitter @AfamahGreg)

La Liga Santander

Di klasemen teratas pemecatan pelatih berikutnya adalah Liga Spanyol dengan jumlah lima pelatih. Ini jauh lebih sedikit dibanding musim lalu.

Marcelino dari Valencia adalah yang pertama pada 11 September. Espanyol kemudian memecat David Gallego dan menggantikannya dengan Pablo Machin, yang juga dipecat belum lama ini. Mauricio Pellegrino dan Fran Escriba masing-masing juga meninggalkan Leganes dan Celta Vigo.

Mauricio Pellegrino (Twitter @LaLigaLowdown)

Bundesliga

Empat pelatih telah dikirim pulang di Liga Jerman. Niko Kovac tidak lagi di Bayern Munich sejak 3 November yang disusul Achim Beierlorzer (Koln), Sandro Schwarz (Mainz) dan Ante Covic (Hoffenheim). Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibanding musim lalu pada periode yang sama.

Niko Kovac (Twitter @WestHamFanZone)

Ligue 1

Jumlah pelatih yang dipecat di Liga Prancis sama persis dengan musim lalu pada periode yang sama, yakni empat orang. Ghislain Printant di Saint Etiene adalah yang pertama kehilangan pekerjaannya. Disusul Sylvinho di Lyon, Alain Casanova di Toulouse, dan Leonardo Jardim di Monaco.

Leonardo Jardim (Twitter @Ligue1_EN)