Penelusuran Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di Google 2019
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Situs mesin pencari Google menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Informasi apapun bisa kita dapatkan di sana, mulai dari mencari berita apa yang sedang dibicarakan hari ini, sampai mencari tips dan trik tentang banyak hal. Pada akhir tahun 2019 ini, Google merangkum apa saja yang paling banyak di cari di situs tersebut. 

Dalam rangkuman yang bertajuk Year in Search 2019, Google mengkategorikan jenis informasi apa yang banyak dicari orang. 

Pertama, Google merangkum penelusuran terpopuler apa yang dicari masyarakat Indonesia pada situs tersebut sepanjang 2019. Hasilnya, orang paling banyak menelusuri soal Cinta Luar Biasa. Kata kunci itu merujuk kepada sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Andmesh Kamaleng. Tak heran, lagu itu memang menjadi hits di Indonesia pada tahun ini. 

Lalu yang kedua yang paling banyak ditelusuri adalah 'Pilpres 2019'. Tahun 2019 ini, merupakan tahun politik bagi Indonesia, sebab pada April lalu, masyarakat Indonesia sedang menentukan lima tahun ke depan negaranya akan dipimpin oleh siapa. 

Kemudian pada peringkat ketiga kategori penelusuran terpopuler adalah mengenai film, yaitu Dua Garis Biru. Hasil penelusuran itu masuk akal, lantaran film tersebut menjadi film nomor dua paling banyak di tonton tahun ini. 

Selanjutnya, berdasarkan data yang dirangkum Google, orang Indonesia juga gemar mencari tahu informasi tentang tips dan trik. Pertama, orang Indonesia ternyata cukup memperhatikan kesehatan mereka, buktinya kata kunci 'bagaimana cara hidup sehat' menjadi paling banyak dicari sepanjang 2019. 

Lalu yang kedua, orang Indonesia juga ternyata banyak yang punya semangat tinggi untuk menjadi orang sukses. Pasalnya, pencarian 'bagaimana cara menjadi orang sukses' berada di urutan kedua pencarian terbanyak kategori tips dan trik. 

Kemudian yang ketiga, dari kategori tips dan trik banyak orang yang mencari tahu tentang 'bagaimana cara naik MRT'. Moda transportasi masal yang diresmikan pada 24 Maret lalu ini sukses membetot perhatian masyarakat Indonesia khususnya warga Ibu Kota. 

Selain kedua kategori itu, pengguna mesin pencari Google di Indonesia juga suka mencari tahu tentang profil tokoh. Lima tokoh yang paling banyak dicari di Google itu diantaranya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, kemudian tokoh dari anggota group band asal Korea Selatan BTS dan BLACKPINK, politisi Edhy Prabowo, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. 

Bukan hanya itu, dari rangkuman Google, ternyata orang Indonesia juga banyak yang mencari tahu informasi soal resep makanan. Untuk tahun 2019 ini, resep makanan yang paling banyak dicari orang Indonesia yakni pisang nugget. Lalu di posisi ke dua ada ceker mercon, selanjutnya sampai posisi ke lima ada rendang padang, tongseng, dan kue lumpur.