Gerindra Pertimbangkan Duet Bobby-Dahnil di Pilkada Medan

Gerindra Pertimbangkan Duet Bobby-Dahnil di Pilkada Medan

Juru Bicara Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Medan 2020 menjadi menarik pasca menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution memutuskan untuk maju sebagai calon wali kota. Demi mendapatkan jalan yang mulus, Bobby juga sudah mendatangi partai politik lainnya guna mendapat dukungan.

Bobby juga kemarin dikabarkan berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan itu merupakan komunikasi politik untuk Pilwakot Medan.

Meski begitu, Prabowo belum bicara memberikan restu atau tidak, Gerindra mengusung Bobby di Medan. Mantan Danjen Kopassus ini, hanya meminta Bobby untuk berkomunikasi dengan partai lain di Medan.

Di samping kabar Bobby yang berusaha mendapatkan restu Prabowo demi dukungan Gerindra untuknya di Medan, ternyata juru bicara (Jubir) Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak dikabarkan akan maju juga di Pilkada Medan 2020.

Juru Bicara Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, di dalam politik kunjungan kepada ketua umum partai politik untuk mendapatkan doa restu merupakan hal biasa. Itu pula yang dilakukan Bobby Nasution. Prabowo juga sempat berpesan untuk Bobby.

"Pertama adalah komunikasi kepada seluruh partai politik yang ada di wilayah masing-masing, sebanyak-banyaknya mendapatkan dukungan partai politik. Kedua, kalau mau maju Pilkada harus menang , ya itu aja," ujar Dasco, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 30 Desember.

Saat ditanya apakah Gerindra akan memberikan dukungan kepada Bobby, Dasco menjelaskan, partainya baru akan mengeluarkan rekomendasi pada awal tahun 2020 nanti.

"Gerindra secara resmi itu nanti baru pada tahapan, akhir Januari akan memulai mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi secara bertahap di seluruh Indonesia. Sehingga, baru nanti akan diputuskan," ucapnya.

Namun, Dasco mengaku, tidak menutup kemungkinan jika Dahnil memutukan maju di Pilkada Medan 2020, akan disandingkan dengan Bobby Nasution.

"Kami belum putuskan, apakah kader kami akan maju nomor satu atau nomor dua. Itu nanti akan dibicarakan secara detail," tuturnya.

Dahnil Tunggu Restu Prabowo

Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, merasa terhormat banyak yang mendukungnya untuk maju dalam Pilkada Medan 2020.

Namun, Dahnil belum memutuskan apakah akan maju atau tidak di Pilkada 2020. Dahnil mengaku, hanya akan maju melalui Partai Gerindra dan atas perintah dari Prabowo Subianto.

Selain itu, pertimbangan lain Dahnil belum memutuskan maju di Pilkada 2020 adalah tugas-tugas yang cukup padat yaitu menjadi juru bicara Prabowo sekaligus Staf Khusus Menteri Pertahanan

Sampai saat ini, Dahnil mengaku belum mendapat instruksi dari Prabowo untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan atan tetap menjadi Staf Khusus Menteri Pertahanan.

"Sampai saat ini beliau belum memberikan instruksi apakah tetap harus maju sebagai kepala daerah di Kota Medan atau tetap mendampingi beliau sebagai Staf Khusus Menteri Pertahanan RI," kata Dahnil.