Film Cats Gagal Meraih Titel <i>Box Office</i>
Penyanyi Taylor Swift yang beradu peran di film Cats (Twitter @catsmovie)

Bagikan:

JAKARTA - Film terbaru besutan rumah produksi Universal Studio, ‘Cats’ gagal mencapai box office pada penayangan minggu pertamanya. Karya adaptasi dari Tom Hooper hanya mencapai 38 juta dollar secara global setelah dua minggu penayangan di bioskop.

Penayangan di musim natal ini juga dinilai gagal meraih atensi dari penikmat film meskipun tayang pada musim natal. Pasalnya untuk mendapatkan titel Box Office, sebuah film harus bisa mendapatkan keuntungan di atas 100 juta dolar sejak penayangannya di bioskop.

Film yang dibintangi penyanyi seperti Taylor Swift, Jennifer Hudson, dan Jason Derulo ini diproduksi mencapai 100 juta dollar ditambah 95 juta dollar untuk keperluan marketing dan biaya distribusi. Namun, pencapaian mereka ini tidak bisa menutupi pengeluaran yang diberikan secara besar untuk film Cats

Dilansir dari Variety, sebelumnya Universal sempat meminta mengganti visual baru untuk film Cats. Hal ini disebabkan sutradara Tom Hooper bersikeras untuk tetap menayangkan film ini pada 20 Desember sehingga membiarkan beberapa editing belum sempurna. Salah satunya sempat ramai di Twitter ketika seseorang melihat pemain yang berpakaian kucing terlihat tangannya.

Selain itu, sejak penayangan perdananya, Cats mendapat sejumlah kritik pedas mengenai filmnya. CGI yang tidak bekerja dengan baik serta cerita yang tidak bisa menolong buruknya CGI membuat film adaptasi cerita Andrew Lloyd Webber. 

Sebenarnya isu ini sudah terdengar sejak perilisan trailer pertamanya yang dinilai memiliki editing yang jelek. Baru-baru ini juga Cats ditarik dari halaman For Your Consideration untuk Oscar oleh Universal secara mendadak.

Meskipun begitu, Universal Studio masih meraih kesuksesan box office dengan film-film seperti Fast & Furious: Hobbs & Shaw, How to Train Your Dragon 3, Good Boys, Yesterday, serta Last Christmas yang sedang tayang.

Film ini bercerita tentang tentang kehidupan Jellicles, sekelompok kucing yang datang bersama-sama untuk membuat "Jellicle choice" tahunan. Di sana, mereka memutuskan kucing mana yang harus naik ke Heaviside Layer, tempat seperti surga di mana kucing dilahirkan kembali. Cats dibintangi oleh James Corden, Idris Elba, Taylor Swift, Jennifer Hudson, Jason Derulo, dan Rebel Wilson.