Cegah <i>Overload</i> Kendaraan, Jalur Puncak Ditutup Malam Tahun Baru
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

BOGOR - Polisi menutup jalur Puncak, Kabupaten bogor, untuk semua jenis kendaraan pada saat malam pergantian Tahun Baru. Sebab, di kawasan itu akan diberlakukan Car Free Night. 

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri mengatakan, CFN ini diberlakukan mulai Selasa, 31 Desember pukul 18.00 WIB hingga Rabu, 1 Januari pukul 06.00 WIB. 

"Pembatasan kendaraan untuk roda empat dan roda dua, namun kita lebih fokuskan kepada roda empat," kata Fadli.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menegaskan, jalur Puncak sepanjang 22 kilometer itu akan steril dari kendaraan dan hanya dibolehkan untuk pejalan kaki.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak, sudah memasuki jalur Puncak sebelum pemberlakuan CFN.

Sebab, kendaraan yang sudah ada di jalur Puncak tidak diperkenankan keluar saat pemberlakuan CFN. Polisi juga sudah menyediakan sejumlah kantong parkir untuk kendaraan yang sudah terlanjur ada di jalur Puncak.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) Bambang Prihartono menyebutkan, penutupan jalur puncak ini merupakan salah satu langkah Polres Bogor untuk menghindari menghindari overload kendaraan yang akan merayakan tahun baru di kawasan Puncak. 

Dia menambahkan, dengan ditutupnya jalur ini, sejumlah jalur alternatif pun disediakan. Di antaranya, Cibubur-Cianjur via Jonggol dengan rute Cibubur-Cileungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur. Jarak tempuh sejauh 86,1 km dengan waktu tempuh 2 jam 45 menit. Lalu, jalur alternatif kedua yakni Ciawi-Cianjur via Sukabumi dengan rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur dengan jarak tempuh 88,6 km dan waktu tempuh 3 jam 41 menit.