Lagu <i>Ko Ko Bop</i> dari EXO Ternyata Diciptakan untuk Red Velvet
Red Velvet (Twitter @RVsmtown)

Bagikan:

JAKARTA - Grup EXO dan Red Velvet berasal dari satu agensi yang sama, SM Entertainment. Sebagai perwakilan grup di generasi ketiga, kedua grup ini sering disebut memiliki kemiripan dari segi konsep maupun lagu. Kini, satu fakta baru terkuak dari produser Styalz Fuego yang mengerjakan lagu Ko Ko Bop dari EXO.

Melalui akun Twitter-nya, Styalz Fuego menulis “@weareoneEXO - Ko Ko Bop aslinya ditulis untuk Red Velvet, kuncinya dibuat tiga kali lebih tinggi tetapi kemudian diturunkan untuk menyesuaikan dengan EXO.”

Ko Ko Bop adalah lagu promosi dari EXO untuk album studio keempat yang dirilis dua tahun lalu. Dominasi gitar dan musik reggae yang ada di dalam lagu ini membuat Ko Ko Bop terdengar sebagai sesuatu yang baru dalam musik K-pop. Beberapa member EXO yaitu Chen, Baekhyun, dan Chanyeol berpartisipasi dalam pembuatan lagu ini.

Sadar akan ramainya respons di bawah kicauan tersebut, Fuego menambahkan tulisan; “Baik, ini membuat heboh”. Cuitannya diramaikan oleh EXOL (sebutan penggemar EXO) dan Reveluv (sebutan penggemar Red Velvet) di mana sebagian penggemar menyayangkan Ko Ko Bop tidak jadi dinyanyikan oleh Red Velvet dan sebagian lagi membayangkan jika EXO tidak promosi dengan Ko Ko Bop maka mereka bisa jadi vakum sepanjang tahun 2017. Mereka juga tidak bisa membayangkan lagu Ko Ko Bop dinyanyikan oleh grup lain.

Beberapa bulan sebelum perilisan Ko Ko Bop, demo lagu tersebut sempat bocor. Menariknya, lagu itu dinyanyikan oleh perempuan. Penggemar juga sempat mengedit lagu Ko Ko Bop dengan lagu Bad Boy dari Red Velvet menjadi satu. Banyak yang merasa kedua lagu itu memiliki harmoni yang serupa sehingga menjadikan mash up itu menjadi hal yang menarik.

Hal ini sudah sering terjadi dalam industri musik Korea Selatan. Sebelumnya, salah satu b-side album Red Velvet berjudul Look sebenarnya juga ditujukan untuk senior mereka, penyanyi BoA. Pun demikian dengan lagu debut mereka, Happiness yang awalnya dibuat untuk f(x).

Sementara itu di luar kehebohan lagu Ko Ko Bop, Red Velvet baru saja merilis album The Reve Festival Finale dengan lagu andalan Psycho. Di samping itu, Wendy yang baru mengalami patah tulang tidak bisa ikut serta dalam penampilan akhir tahun.