Sindiran Stray Kids untuk Generasi Tua Korea Dalam Lagu Gone Days

Sindiran Stray Kids untuk Generasi Tua Korea Dalam Lagu <i>Gone Days</i>

Boyband Stray Kids (JYP Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Grup K-pop asal Korea Selatan, Stray Kids, mempersembahkan video musik untuk STAY (sebutan penggemar Stray Kids). Single digital berjudul Gone Days ini didedikasikan untuk orang-orang yang sering membandingkan apa yang terjadi di masa lalu dengan masa sekarang. 

Lagu Gone Days ditulis oleh leader grup Stray Kids yaitu Bangchan dan rapper Giriboy. Stray Kids juga menggunakan judul Gone Days sebagai wordplay atau permainan kata dari bahasa Korea, 꼰대 (Kkondae) jika diartikan merupakan kata slang untuk mendeskripsikan seseorang yang sudah berumur dan kerap memaksakan ide-ide lamanya untuk menekan seseorang. 

Melalui video musik ini Stray Kids menkritik pedas orang-orang yang kerap menggunakan umur dan kuasa mereka, untuk menekan generasi muda atau milenial. Uniknya perilisan klip musik itu ditampilkan bersamaan dengan salah satu personel Stray Kids yang sedang mengikuti kelas pelajaran bersama seekor kuda.

 

Mereka mulai menyanyikan bait demi bait lagu Gone Days dan menampilkan ekspresi acuh tak acuh terhadap kelas yang mereka datangi. Lirik “Never mind the past. This is the new generation, go away.” adalah salah satu lirik yang menekankan perspektif mereka sebagai generasi muda yang kerap mendengar cerita dari orang yang lebih tua.

Di akhir video, guru yang menyerupai kuda itu meninggalkan kelas dan menuliskan Word of the Day:  자습  (Ja-seub) atau belajar sendiri. Guru kuda itu adalah simbol kkondae yang menjadi slang dari judul Gone Days ini.

Kabarnya JYP pemilik agensi JYP Entertainment yang menaungi Stray Kids merasa ‘tersindir’, ketika Bang Chan menunjukkan lagu Gone Days. JYP atau Park Jin Young adalah penyanyi solo populer tahun 90’an. Kini ia menjadi pemimpin sekaligus pendiri dari label musik JYP Entertainment.

 

Sebelumnya Stray Kids baru saja melakukan comeback dengan lagu Levanter yang diambil dari album Clé_LEVANTER. Lagu tersebut berhasil meraih peringkat pertama di iTunes mancanegara. 

Saat ini, Stray Kids disibukkan dengan promosi Levanter dalam acara musik serta mengisi acara akhir tahun. Sementara itu, setelah merilis Gone Days, tagar #StrayKids_GoneDays masuk ke trending topik.

Tag: K-pop